Kompas.com - 13/03/2018, 09:13 WIB

KOMPAS.com - Apple baru saja merombak logo "Made For i" (MFi), yang dipasangkan untuk aksesori produk Apple seperti iPhone, iPad atau iPod.

Kabarnya, vendor yang mendapat tender pembuatan aksesori produk Apple ini hanya memiliki waktu kurang lebih tiga bulan atau 90 hari saja untuk mulai menggunakan logo baru ini.

Di logo yang lama, Apple menempatkan ikon yang merepresentasikan produknya di sebelah kiri nama produk, tanpa menyematkan logo ikonik Apple.

Logo aksesoris produk Apple (MFi) lamaSlash Gear Logo aksesoris produk Apple (MFi) lama
Dulu, iPod menempati urutan pertama yang berada di posisi paling kiri. Barulah diikuti iPhone lalu iPad secara berurutan.

Kini di logo yang baru, iPhone mengganti posisi iPod di pojok kiri, diikuti iPad dan iPod. Logonya pun lebih sederhana, menghilangkan ikon siluet bentuk gadget, dan meggantinya dengan logo Apple di sisi kiri.

Alasan penggeseran urutan produk, kemungkinan karena perubahan era smartphone yang dianggap lebih menonjol saat ini dibanding iPod, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Slash Gear, Selasa (13/3/2018).

Baca juga: Berapa Lama "Masa Layak Pakai" Gadget Apple?

Untuk peranti wearable Apple, Apple Watch tidak diikutsertakan dalam pembaruan logo ini karena memiliki logo sendiri. Logo MFi pertama kali diperkenalkan Apple pada 2005, bersama dengan peluncuran iPod nano.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Slash Gear
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.