3 Fitur Terbaru WhatsApp untuk Android

Kompas.com - 19/03/2018, 14:53 WIB
Ilustrasi WhatsApp. IstIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - WhatsApp telah menambahkan tiga fitur baru untuk pengguna Android. Yang pertama, pengguna bisa menambahkan deskripsi di grup WhatsApp, baik admin maupun anggota grup.

Kedua, pengguna juga bisa berpindah dari panggilan telepon ke video call secara langsung.  Dan yang ketiga, WhatsApp menambah durasi waktu untuk menghapus pesan 'salah kamar' bertambah hingga lebih dari satu jam.

Untuk bisa menggunakan fitur-fitur tersebut, pengguna Android harus memperbarui WhatsApp ke versi 2.18.54.

Fitur deskripsi grup memungkinkan seluruh anggota grup bisa mengetahui informasi penting yang harus diperhatikan. Cara membubuhkannya, klik subyek atau nama grup di bar atas.
Kemudian, tulis deskripsi yang ingin disampaikan ke anggota grup dengan maksimal 512 karakter.

Deskripsi grup WhatsAppKompas Tekno Deskripsi grup WhatsApp

Setelah ditulis, akan muncul pop-up bewarna biru di jendela percakapan yang menginformasikan jika salah satu anggota telah mengubah deskripsi grup. Pop-up tersebut kemudian mengarahkan anggota grup, untuk melihat deskripsi barunya, cukup dengan mengetuk pop-up.

Pop-up deskripsi akan disematkan di jendela percakapan. Sehingga jika ada anggota baru yang diundang, tetap akan bisa mlihat deskripsinya. Pencarian anggota grup juga tersedia secara langsung dari jendela grup info.

Pembaruan ini juga membawa serta pengalihan panggilan telepon ke video call secara langsung, dengan syarat antara si penelpon dan penerima, telah meng- update WhatsApp ke versi baru.

Nantinya, tombol ikon video call akan muncul di tengah, menggantikan ikon pesan yang ada di versi sebelumnya.

Fitur panggilan telpon di WhatsApp versi lama (kiri) dan versi baru (kanan) yang bisa dialihkan ke video call secara langsung. Ikon video call muncul di pembaruan 2.18.54Kompas Tekno Fitur panggilan telpon di WhatsApp versi lama (kiri) dan versi baru (kanan) yang bisa dialihkan ke video call secara langsung. Ikon video call muncul di pembaruan 2.18.54
WhatsApp juga telah memperpanjang durasi menghapus pesan untuk semua, dari semula hanya tujuh menit, kini menjadi satu jam delapan menit dan 16 detik.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (19/3/2018), mengenai alasan perpanjangan waktu yang begitu spesifik, WhatsApp tidak menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga : Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Bisa Tetap Muncul

Tambahan waktu ini bisa memberikan kelonggaran pengguna untuk menghapus jejak pesan salah kamar atau pesan yang bersifat sementara. Sebab, WhatsApp tidak memiliki fitur percakapan rahasia seperti di Facebook Messenger, dimana percakapan hanya bersifat sementara, tidak dicadangkan oleh pengirim maupun penerima pesan.

Baca juga : 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui




Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X