Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, WhatsApp Business Sudah Bisa Diunduh dan Dipakai di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2018, 07:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com —WhatsApp Business” akhirnya resmi dirilis setelah diperkenalkan dalam format beta pada September 2017 lalu. Sesuai namanya, layanan chatting yang berdiri sendiri alias standalone ini menyasar pebisnis, baik yang bergerak di sektor UKM maupun perusahaan besar.

WhatsApp Business memudahkan komunikasi antara pebisnis dengan konsumennya. Konsep ini sudah lebih dulu diimplementasikan layanan chatting Line melalui aplikasi “Line@“.

Ada lima negara pertama yang sudah bisa mencicipi WhatsApp Business di platform Android, masing-masing adalah Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Negara-negara lain dijanjikan bakal menyusul dalam beberapa pekan ke depan.

Baca juga : WhatsApp Business Sudah Tersedia di Android, Bakal Gratis Selamanya?  

Lantas, apa bedanya WhatsApp biasa dan WhatsApp Business? Ditilik dari ikon aplikasi, WhatsApp biasa mematrikan ikon “telepon”, sedangkan WhatsApp Business menggunakan simbol huruf “B” kapital.

Ada beberapa fitur unik di WhatsApp Business. Salah satunya memungkinkan pebisnis menggunakan nomor telepon rumah atau kantor meski nomor ponsel juga bisa dipakai. Yang jelas, nomor untuk aplikasi WhatsApp biasa dan WhatsApp Business di satu perangkat harus dibedakan.

Selain itu, ada badge spesial. Pebisnis bisa menginformasikan jam operasional, situs, kategori usaha, lokasi, serta deskripsi perusahaan. Pebisnis juga bisa mengakses statistik interaksi dengan konsumen.

Dalam hal interaksi, ada kalanya pebisnis lelah karena dirundung pertanyaan-pertanyaan yang sama dari konsumen. Karena itu, WhatsApp Business menghadirkan fitur yang memungkinkan pebisnis menyetel balasan otomatis. Penyetelan serupa juga bisa digunakan untuk menyabut konsumen baru.

Seiring dengan peresmian ini, WhatsApp Business menghadirkan fitur baru bernama “Labels” yang sebelumnya tak ada di versi beta. Fitur itu memungkinkan pebisnis mengategorikan pesan masuk sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisasi sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (19/1/2018), dari AndroidPolice.

Anda yang ingin menjajal WhatsApp Business bisa mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Selamat mencoba!

Baca juga: 7 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com