iPhone Dual-SIM Pertama Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 20/04/2018, 13:03 WIB
Rumor iPhone X berwarna emas muncul di Twitter. Akun @VenyaGaskin1 yang pertama kali memerlihatkannya. Twitter.com/VenyaGaskin1Rumor iPhone X berwarna emas muncul di Twitter. Akun @VenyaGaskin1 yang pertama kali memerlihatkannya.

KOMPAS.com - Fitur dual SIM sudah cukup lama menjadi tren di industri smartphone. Meski demikian, Apple belum pernah sama sekali membuat satu pun iPhone yang mendukung kemampuan ini.

Namun analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo meramalkan fitur dual-SIM ini akan segera hadir pada perangkat iPhone berikutnya. Perlu diketahui, Ming-Chi Kuo adalah analis yang dikenal akurat dalam meramal produk-produk Apple yang akan dirilis.

Dalam laporan terbarunya, Kuo mengatakan pada akhir tahun 2018, Apple diperkirakan akan merilis tiga varian iPhone terbaru. Dua dari tiga iPhone tersebut akan memiliki pilihan fitur dua kartu SIM. 

Dukungan dual-SIM ini diramalkan akan hadir pada dua model iPhone dengan layar berukuran 6,1 dan 6,5 inci. Sedangkan untuk iPhone berukuran 5,8 inci, kecil kemungkinannya fitur ini akan hadir. 

Kendati demikian, Apple diperkirakan akan tetap memertahankan perangkatnya yang hanya mendukung satu slot kartu SIM. Karena itulah dalam laporannya, Kuo menuliskan bahwa akan ada dua opsi untuk konsumen menentukan pilihan, tentu saja dengan harga yang berbeda.

Baca juga: Cerita Tukang Servis Layar iPhone yang Dituntut Apple

Dikutip KompasTekno dari 9to5mac, Jumat (20/4/2018), Kuo menilai dukungan slot dual SIM ini tentu akan menciptakan segmen harga baru untuk pasar iPhone. Pasalnya, fitur ini sudah sangat populer di pasar, khususnya kawasan Asia dan Eropa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga iPhone dengan kemampuan dual-SIM ini diprediksi antara 650 dollar AS (sekitar Rp 9 juta) hingga 750 dollar AS (sekitar Rp 10 juta).

Sedangkan iPhone dengan single SIM diperkirakan akan dijual dengan harga lebih murah, yakni sekitar 550 dollar AS atau setara Rp 7,5 juta.

Apple sendiri belum berkomentar soal prediksi Kuo ini. Kendati demikian, beberapa pihak menerka jika kabar ini benar adanya. Apple punya potensi besar untuk semakin berkembang di pasar Asia dan Eropa.

Kabar hadirnya dukungan dual SIM pada iPhone sejatinya sudah santer beredar sejak 2016 lalu. Kala itu iPhone 7 diramalkan akan memiliki fitur ini.

Namun sampai iPhone 7 dirilis, Apple masih memertahankan fitur dukungan single SIM dan belum mau masuk ke pasar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.