Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Juga Bakal Sediakan Tool "Download" Data Pengguna

Kompas.com - 25/04/2018, 17:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan depan, tepatnya pada 25 Mei 2018, Uni Eropa memberlakukan General Data Protection Regulation (GDPR). Salah satu poinnya mewajibkan layanan internet semacam Facebook, Instagram, dan WhatsApp, menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh data mereka.

Hal ini untuk meningkatkan transparansi dan menjelaskan seberapa banyak data masyarakat yang dihimpun oleh layanan internet. Facebook sudah memiliki fitur semacam ini sejak 2010, lantas Instagram menyusul baru-baru ini.

Selanjutnya, WhatsApp juga bakal menyediakan tool khusus agar pengguna bisa mengunduh  informasi dan penyetelan mereka di platform bertukar pesan tersebut.

Informasi itu mencakup foto profil dan nama grup, tetapi bukan isi pesan. Jika ingin menyimpan isi pesan, bisa lewat fitur backup chat yang sudah lama tersedia.

Baca juga : Fitur Ini Kembalikan Foto dan Video WhatsApp yang Terhapus

Lantas, bagaimana cara mengunduh informasi WhatsApp? Pertama-tama Anda harus meminta laporan (request report) atas konten mereka. Caranya dengan mengakses “Settings”, “Account”, “Request Account Info”.

Selanjutnya pilih “Request Report” dan antarmuka layar bakal memunculkan notifikasi bahwa request telah dikirim. Laporan informasi Anda bakal tersedia sekitar tiga hari pasca request.

Ketika laporan telah tersedia, Anda akan mendapat notifikasi WhatsApp yang menyebutkan “laporan informasi akun Anda siap diunduh”. Selain itu, WhatsApp juga bakal memberi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh semua data informasi Anda.

Untuk mengunduh laporan informasi tersebut, cukup pilih “Settings”, “Account”, “Request Account Info”, “Download Report”. WhatsApp bakal mulai mengunduh data Anda dalam format ZIP, sebagaimaan dihimpun KompasTekno, Rabu (25/4/2018), dari

Ketika file selesau diunduh, pilih “Export Report”. Laporan tak bisa dilihat via WhatsApp, sehingga Anda harus memilih aplikasi yang tepat untuk mengekspor laporan itu. Contohnya, Anda bisa mengirimnya ke email untuk mengaksesnya sebagai dokumen email.

Fitur ini tengah digarap dan dijanjikan bakal tersedia untuk Android maupun iOS dalam beberapa pekan ke depan.

Baca juga : Cara Ganti Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com