Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Bisa Lacak Lokasi Teman Secara Langsung

Kompas.com - 18/10/2017, 12:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp melengkapi layanan pesan singkatnya dengan fitur yang dinamai Live Location. Fitur itu memungkinkan pengguna membagi lokasi atau melacak perjalanan teman secara real-time dengan keluarga atau teman-teman.

Pengguna bisa memilih berbagi lokasi real-time dengan siapa dan berapa lama. Durasinya mulai dari 15 menit hingga berjam-jam, tergantung kebutuhan.

“Ingin bertemu teman, membiarkan orang terkasih tahu bahwa Anda selamat, atau sekadar membagi informasi perjalanan, Live Location mengakomodirnya dengan cara simpel,” begitu tertera pada blog WhatsApp, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (18/10/2017).

Tak perlu khawatir soal keamanan, sebab WhatsApp menjamin data-data lokasi yang dibagi memiliki enkripsi end-to-end. Lantas, bagaimana cara mengoperasikan Live Location?

Baca: Begini Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Anda cukup membuka ruang chat personal atau grup tertentu di WhatsApp. Tekan tombol “attach” dan pilih opsi “Share Live Location”.

Pilih berapa lama Anda ingin membagi lokasi real-time dan tekan “send”. Jika membaginya di grup, tiap anggota bisa melihat lokasi atau melacak lokasi real-time Anda.

Anggota-anggota lain juga bisa membagi lokasi real-time mereka pada saat bersamaan. WhatsApp akan menyodorkan lokasi-lokasi tersebut pada satu antarmuka peta digital.

Fitur ini sejatinya bukan sesuatu yang baru. Sebelumnya Google Maps sudah lebih dulu menghadirkan fitur serupa dengan mekanisme yang sama.

Live Location di WhatsApp sendiri sudah mulai disebar hari ini untuk segelintir orang. Pengguna secara keseluruhan, baik pengguna iOS maupun Android, dijanjikan kebagian dalam beberapa minggu ke depan.

Baca: Fitur Live Location WhatsApp Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com