WhatsApp Mulai Berlakukan Aturan Usia 16 Tahun ke Atas

Kompas.com - 25/04/2018, 19:09 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp
Penulis Oik Yusuf
|
KOMPAS.com - Eropa sedang bersiap menerapkan peraturan  General Data Protection Regulation (GDPR). Perusahaan-perusahaan teknologi pun sibuk berbenah untuk memenuhi regulasi baru tersebut.
 
Salah satunya WhatsApp yang mengubah ketentuan umur minimal penggunanya dari 13 tahun menjadi 16 tahun. Kebijakan baru ini rencananya akan mulai diterapkan lewat persyaratan penggunaan (terms of service) baru dalam beberapa pekan ke depan.
 
Pengguna WhatsApp yang berdomisili di Eropa nantinya harus menyatakan telah berumur setidaknya 16 tahun sebelum bisa memakai aplikasi pesan instan tersebut. Adapun syarat umur minimal WhatsApp tetap 13 tahun di wilayah lain di luar Eropa.
 
Selain itu, untuk meningkatkan transparansinya soal penggunaan data, WhatsApp turut menyatakan bakal merilis informasi tentang data apa saja yang dikumpulkan dari pengguna.
 
“Anda akan bisa mengunduh dan melihat data yang kami ambil, yang memang hanya sedikit. Fitur ini akan hadir untuk pengguna di seluruh dunia lewat aplikasi WhatsApp versi baru,” tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog bersisi pengumuman. 
 
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (25/4/2018), WhatsApp tidak menjelaskan caranya memverifikasi bahwa pengguna memang memasukkan umur yang benar dan tidak berbohong soal itu.

Baca juga : Jerman Wajibkan Orang Tua Hancurkan Smartwatch Anaknya

 
Regulasi GDPR membatasi perusahaan-perusahaan teknologi hanya bisa mengambil dan mengolah data pribadi dari warga yang berusia setidaknya 16 tahun. Sementara, warga berusia  di bawah 13 tahun hanya boleh berbagi di informasi di ranah digital lewat seorang wali (misalnya orang tua) dewasa. 
 
Facebook, perusahaan induk WhatsApp yang memiliki terms of service terpisah, mengambil pendekatan berbeda. Raksasa jejaring sosial itu meminta pengguna Eropa berusia antara 13 hingga 15 tahun untuk mendapat izin dari orang tua atau wali.

Baca juga : Yuma, Programmer Usia 10 Tahun Asal Indonesia yang Dipuji Bos Apple

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber ENGADGET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X