Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prosesor Intel "Cannon Lake" Debut di Laptop Lenovo

Kompas.com - 21/05/2018, 17:04 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - “Cannon Lake” adalah nama arsitektur baru Intel yang menciutkan arsitektur Kaby Lake sebelumnya, dengan proses fabrikasi 10 nm. Awalnya hendak dirilis pada 2016, kemunculan Cannon Lake berkali-kali tertunda.

Terakhir, Intel mengumumkan baru akan memproduksi massal Cannon Lake pada 2019 mendatang. Meski demikian, belakangan diketahui bahwa seri prosesor baru tersebut diam-diam sudah hadir dalam sebuah laptop low-end bikinan Lenovo, IdeaPad 330.

Laman retailer China JD.com mencantumkan keterangan bahwa laptop berbanderol 3.299 yuan (Rp 7,4 juta) itu ditenagai prosesor Core i3-8121U. Huruf “U” di akhiran namanya menunjukkan chip dimaksud sebagai prosesor ultrabook hemat daya.

Chip dual-core ini menggunakan dua inti CPU Cannon Lake berkecepatan 2,2 GHz dan turbo hingga 3,2 GHz. Core i3-8121U turut dibekali cache 4 MB, dukungan memori LPDDR4 dan LPDDR4X yang irit daya hingga 32 GB, dan memiliki TDP 15 watt.

Baca juga: Intel dan Seteru Abadinya Kerja Bareng Bikin Chip

Lucunya, tak seperti kebanyakan prosesor Intel lainnya belakangan ini, Core i3-8121U tidak dibekali pengolah grafis (GPU) terintegrasi. Lenovo pun memasangkannya dengan kartu grafis AMD Radeon RX 540 2 GB pada laptop IdeaPad 330.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Inquirer, Senin (21/5/2018), prosesor Core i3-8121U sendiri kini sudah pula terdaftar dalam katalog Intel.

Masih belum jelas kapan kemunculan Core i3-8121U akan disusul oleh saudara-saudaranya sesama chip berarsitektur Cannon Lake.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com