Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara "Membangkitkan" Kicauan Twitter 10 Tahun Lalu

Kompas.com - 26/05/2018, 19:30 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mantan CTO Kickstarter, Andy Baio membeberkan cara melihat kembali isi linimasa Twitter beberapa tahun silam. Cara yang ditunjukkan Baio akan menampilkan kicauan dari akun-akun yang diikuti pada hari ini, 10 tahun lalu.

Untuk melihat mengenang kembali tampilan linimasa lama Twitter bertahun-tahun lalu, klik tautan berikut. Tautan tersebut akan langsung mengarah ke linimasa 10 tahun lalu.

Cara yang disajikan oleh Baio pada intinya adalah mengetik kalimat perintah yang bisa dimengerti oleh mesin pencari Twitter, yakni dengan perintah" filter:follows until:2008-05-25 -filter:replies".

Cara tersebut tidak didasarkan pada waktu pembuatan akun Twitter, jadi tidak masalah jika usia akun pengguna kurang dari 10 tahun. Kicauan lawas dari akun-akun yang diikuti (follow) hingga sekarang, akan tetap muncul, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Sabtu (26/5/2018).

Pengguna juga bisa mengubah parameter dengan mengubah tanggal pada baris perintah pencarian tadi, yang diketik di kolom pencarian sebelah kiri foto profil.

Tampilan linimasa Twitter lawas. Waktu bisa disesuaikan dengan mengubah parameter tanggal pada kolom pencarian yang dilingakri warna biru.Kompas.com Tampilan linimasa Twitter lawas. Waktu bisa disesuaikan dengan mengubah parameter tanggal pada kolom pencarian yang dilingakri warna biru.

Baca juga: CEO Twitter Ternyata Tak Punya Laptop, Ini Alasannya

Linimasa yang tampil adalah semua postingan populer dan terbaru pada kala itu. Dari pantauan KompasTekno, linimasa Twitter satu dekade lalu dan sekarang, tampak jauh berbeda. Dengan maksimal 140 karakter, lini masa Twitter terlihat lebih bersih dan rapi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com