Menguji Internet Telkomsel di Tol Fungsional Solo-Ngawi - Kompas.com

Menguji Internet Telkomsel di Tol Fungsional Solo-Ngawi

Kompas.com - 30/05/2018, 11:31 WIB
Gerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Gerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018

 KOMPAS.com - Tim uji jaringan Kompas Tekno kini menuju Surabaya. Dari pintu keluar tol Salatiga, kami harus melewati beberapa ruas termasuk tol fungsional yang menghubungkan Solo hingga Ngawi.

Dalam perjalanan ini kami terus melakukan pengujian jaringan internet operator seluler. Salah satu yang kami uji adalah Telkomsel.

Seperti biasa, kami melakukan pengujian pengalaman pengguna yakni browsing, streaming, dan bermain game online. Ditambah dua aplikasi untuk mendapatkan data teknis yakni nPerf dan Ookla Speedtest.

Dari pintu keluar gerbang tol Salatiga hingga gerbang tol Colomadu-Sragen kami melakukan pengujian. Gerbang tol Colomadu - Sragen merupakan pintu masuk ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka secara fungsional untuk Lebaran 2018 mendatang. 

Di titik ini, kualitas jaringan Telkomsel relatif aman. Indikator pada perangkat kami menunjukkan jaringan 4G yang merata. Namun ada perbedaan kecepatan saat berada di gerbang tol Salatiga dan Colomadu.

Dari pengujian teknis lewat nPerf, kecepatan unduh di sekitar Salatiga berada pada angka rata-rata 20,80 Mbps dan kecepetan unggah sampai pada angka 13,44 Mbps. Latency pun cukup aman untuk digunakan bermain game online.

Saat mencoba browsing dan streaming, tidak ada kendala sedikit pun. Semua musik dan video bisa dinikmati dengan kualitas yang tinggi.

Di gerbang tol Colomadu - Sragen, kecepatan unduh menurun hingga angka 4,13 Mbps berdasarkan nPerf dan 8,89 Mbps berdasarkan perhitungan Speedtest. Namun dengan kecepatan ini hasil pengujian browsing, streaming, dan bermain game masih sangat lancar.

Perjalanan kami berlanjut dan menyambangi rest area di Km 519 yang berada masih di tol Colomadu - Sragen. Masih sama seperti di titik sebelumnya, jaringan internet Telkomsel masih sangat aman sampai di rest area Km 519. Bahkan hasil pengujuan nPerf menunjukkan angka unduh rata-rata mencapai 67,35 Mbps dan unggah 6,82 Mbps.

Titik ini ternyata memang telah diselimuti jaringan 4G+ sehingga kecepatan data baik unduh maupun unggah cukup tinggi.

Kinerja di KM 549

Masih di ruas Tol Colomadu - Sragen, kami melakukan pengujuan di Km 549. Di sini kami menemukan kendala di mana jaringan turun ke 3G.

Bahkan di sini kami kesulitan untuk terhubung dengan server nPerf untuk pengujian. Dan berdasarkan hasil uji aplikasi Speedtest, angka unduh menurun hingga 1,31 Mbps dan unggah 0,21 Mbps.

Dengan kecepatan ini, butuh buffer beberapa saat untuk streaming streaming musik dan video. Namun untuk sekadar browsing masih terasa lancar.

Kendala ini juga kami temukan pada operator seluler lain yang kami uji. Bahkan jaringan internet dari dua operator lainnya mati total. (Baca juga: Menguji Sinyal Internet 5 Operator di Tol Solo-Ngawi)

Di Km 579 tepatnya di gerbang tol Ngawi, kami kembali mencoba melakukan pengujian. Hasilnya, masih ada kendala di sekitar ruas jalan ini namun jaringan yang tadinya 3G berangsur pulih ke 4G.

Kendati begitu, pengujian lewat aplikasi nPerf masih sulit dilakukan sementara hasil Speedtest menunjukkan angka unduh 0,34 Mbps dan unggah 3,04 Mbps.

Streaming video dan musik masih membutuhkan buffer. Angka latency pun naik-turun dan tidak nyaman untuk bermain game online.

Berangsur Pulih Menuju Surabaya

Melewati ruas tol Solo-Ngawi kami melanjutkan perjalanan hingga Surabaya.

Dalam perjalanan ini kami juga melakukan serangkaian tes di beberapa titik yang telah ditentukan. Hasilnya, jaringan internet yang sempat tersendat pada jalur fungsional Solo-Ngawi berangsur pulih.

Bahkan di beberapa titik, kecepatan unduh bisa mencapai lebih dari 15 Mbps dengan rata-arat kecepatan unggah lebih dari 4 Mbps.

Dengan kecepatan ini, pengguna Telkomsel yang menuju Surabaya tidak akan terganggu saat melakukan streaming video dan musik di YouTube dan Spotify, juga bisa bermain game online dengan cukup nyaman.

Baca juga: Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X