Menguji Internet Telkomsel di Tol Fungsional Solo-Ngawi

Kompas.com - 30/05/2018, 11:31 WIB
Gerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018 KOMPAS.com/Reska K. NistantoGerbang Tol Colomadu-Sragen, pintu masuk menuju ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka dengan status fungsional untuk mengurai kemacetan musim mudik Lebaran 2018
|

 KOMPAS.com - Tim uji jaringan Kompas Tekno kini menuju Surabaya. Dari pintu keluar tol Salatiga, kami harus melewati beberapa ruas termasuk tol fungsional yang menghubungkan Solo hingga Ngawi.

Dalam perjalanan ini kami terus melakukan pengujian jaringan internet operator seluler. Salah satu yang kami uji adalah Telkomsel.

Seperti biasa, kami melakukan pengujian pengalaman pengguna yakni browsing, streaming, dan bermain game online. Ditambah dua aplikasi untuk mendapatkan data teknis yakni nPerf dan Ookla Speedtest.

Dari pintu keluar gerbang tol Salatiga hingga gerbang tol Colomadu-Sragen kami melakukan pengujian. Gerbang tol Colomadu - Sragen merupakan pintu masuk ruas tol Solo-Ngawi yang akan dibuka secara fungsional untuk Lebaran 2018 mendatang. 

Di titik ini, kualitas jaringan Telkomsel relatif aman. Indikator pada perangkat kami menunjukkan jaringan 4G yang merata. Namun ada perbedaan kecepatan saat berada di gerbang tol Salatiga dan Colomadu.

Dari pengujian teknis lewat nPerf, kecepatan unduh di sekitar Salatiga berada pada angka rata-rata 20,80 Mbps dan kecepetan unggah sampai pada angka 13,44 Mbps. Latency pun cukup aman untuk digunakan bermain game online.

Saat mencoba browsing dan streaming, tidak ada kendala sedikit pun. Semua musik dan video bisa dinikmati dengan kualitas yang tinggi.

Di gerbang tol Colomadu - Sragen, kecepatan unduh menurun hingga angka 4,13 Mbps berdasarkan nPerf dan 8,89 Mbps berdasarkan perhitungan Speedtest. Namun dengan kecepatan ini hasil pengujian browsing, streaming, dan bermain game masih sangat lancar.

Perjalanan kami berlanjut dan menyambangi rest area di Km 519 yang berada masih di tol Colomadu - Sragen. Masih sama seperti di titik sebelumnya, jaringan internet Telkomsel masih sangat aman sampai di rest area Km 519. Bahkan hasil pengujuan nPerf menunjukkan angka unduh rata-rata mencapai 67,35 Mbps dan unggah 6,82 Mbps.

Titik ini ternyata memang telah diselimuti jaringan 4G+ sehingga kecepatan data baik unduh maupun unggah cukup tinggi.

Kinerja di KM 549

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X