Kompas.com - 30/05/2018, 09:18 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com — Pemerintah berencana membuka jalur Tol Solo-Ngawi sepanjang 90 kilometer untuk mengurai kemacetan di mudik Lebaran 2018 ini.

KompasTekno pada Senin (29/5/2018) mendapat izin dari PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku pengelola untuk memasuki ruas tol yang berstatus fungsional tersebut, tepatnya mulai dari Gerbang Tol Colomadu.

KompasTekno pun menguji keandalan sinyal internet seluruh operator telekomunikasi seluler di sana, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison Tri Indonesia (Tri), serta Smartfren.

Hal ini untuk memastikan infrastruktur yang disiapkan oleh para operator sudah bisa dirasakan pengguna.

Fokus pengujian kami adalah hanya pada kecepatan koneksi internet. Pasalnya, koneksi internet telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Terutama karena fungsinya yang mencakup banyak hal, mulai dari komunikasi, informasi, hingga hiburan.

Ruas Tol Solo-Ngawi, mulai dari Gerbang Tol Colomadu hingga pintu keluar Tol Ngawi, sudah benar-benar mulus. Pada saat kami melintas, hanya ada pekerjaan kecil yang tersisa, sedangkan pekerjaan besar tampak sudah selesai.

Urusan koneksi internet di sepanjang ruas itu pun tidak banyak mendapatkan kendala. Kegiatan yang kami ujikan ala pemudik, mulai dari berkomunikasi via WhatsApp, menonton YouTube, mendengarkan streaming musik Spotify, serta membuka berbagai situs atau media sosial cenderung lancar.

Baca juga: Kesiapan 5 Operator Seluler Jelang Mudik dan Lebaran 2018

Kendati demikian, terdapat sejumlah catatan. Ada kalanya smartphone yang memakai nomor salah satu operator mendapat sinyal 4G atau 3G, tetapi koneksi data tidak ada sama sekali.

Berikut ini rincian pengujian yang kami lakukan di ruas tol Solo-Ngawi:

Telkomsel

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.