Menguji Sinyal Telkomsel di 3 Objek Wisata Kota Batu Malang Jelang Lebaran

Kompas.com - 04/06/2018, 11:42 WIB
KompasTekno menguji kualitas jaringan seluler Telkomsel di beberapa objek wisata di Batu, Malang. Salah satunya adalah Museum Angkut. yudha pratomo/KOMPAS.comKompasTekno menguji kualitas jaringan seluler Telkomsel di beberapa objek wisata di Batu, Malang. Salah satunya adalah Museum Angkut.

KOMPAS.com - Kali ini tim MudikSmart KompasTekno tiba di Kota Batu, Malang. Di sini, kami melakukan beberapa pengujian jaringan demi memastikan kesiapan operator dalam menyambut libur lebaran.

Salah satu yang kami uji adalah operator seluler Telkomsel. Sebelumnya selama perjalanan ke Kota Apel ini, kami pun melakukan pengujian untuk operator pelat merah ini dan hasilnya cukup positif.

Telkomsel jadi operator dengan jangkauan jaringan 4G yang paling konsisten. Bahkan ada beberapa titik yang sudah terjangkau 4G+.

Kami melakukan pengujian dengan dua cara yakni menggunakan aplikasi nPerf dan Ookla Speedtest untuk mendapat data teknis, serta menguji lewat sudut pandang pengalaman pengguna yakni dengan streaming video 720p, streaming musik, browsing dan bermain game online.

Kami pun mengambil beberapa objek wisata tersebut dengan asumsi bahwa pada saat libur lebaran nanti, objek-objek wisata tersebut akan ramai disambangi pengunjung. Sehingga, sangat layak untuk menguji bagaimana kondisi jaringan operator seluler khususnya Telkomsel di sana.

Berikut ini adalah hasil pengujian yang dilakukan tim KompasTekno.

Museum Angkut

Objek pertama yang kami sambangi adalah Museum Angkut di Kota Batu, Malang. Museum ini berlokasi tak jauh dari pusat kota, sehingga cukup mudah untuk kami jangkau.

Baca juga: Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali

Wilayah museum ini cukup luas sehingga kami harus mencoba untuk melakukan pengetesan dari titik tengah Museum Angkut.

Di museum ini, pertama-tama kami melakukan pengujian lewat aplikasi nPerf. Di dalam museum, jaringan seluler secara konsisten menunjukkan indikator 4G di semua titik.

Hasil pengujian jaringan Telkomsel di Museum Angkut, Kota Batu, Malang. yudha pratomo/KOMPAS.com Hasil pengujian jaringan Telkomsel di Museum Angkut, Kota Batu, Malang.
Dari hasil pengujian nPerf, kami mendapat angka kecepatan download rata-rata sebesar 34,28 Mbps dan kecepatan upload rata-rata 13,82 Mbps.

Dengan kecepatan ini, tidak ada buffer yang terjadi saat kami coba untuk streaming video kualitas HD 720p. Video bisa berjalan lancar tanpa tersendat sedikitpun.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X