Kemudahan Beli BBM dan Belanja Logistik Mudik Pakai TCash - Kompas.com

Kemudahan Beli BBM dan Belanja Logistik Mudik Pakai TCash

Kompas.com - 13/06/2018, 17:13 WIB
Ilustrasi TCashKOMPAS.com/Reska K. Nistanto Ilustrasi TCash

KOMPAS.com - Kehadiran uang digital seperti T-Cash harus diakui semakin mempermudah aktivitas sehari-hari, termasuk salah satunya adalah mudik. Pekan ini, jutaan orang Indonesia bakal berbondong-bondong meninggalkan kota besar, termasuk Jakarta, untuk pulang ke kampung halaman.

Membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk perjalanan jelas bukan rencana bijak. Risiko kehilangan karena lalai atau kriminalitas bisa jadi ancaman tambahan bila kemana-mana bawa segepok duit. Uang digital T-Cash bisa menjadi alternatif.

Setidaknya, uang digital bisa memberikan faktor keamanan dan kenyamanan dalam mudik. Aman karena uang disimpan dalam bentuk digital dan membutuhkan PIN untuk transaksi, serta nyaman karena tak perlu repot membawa uang tunai/kartu kredit dalam jumlah banyak.

Terlebih lagi, T-Cash kini telah menambah merchant-merchant pendukungnya, hingga ke SPBU-SPBU yang berada di tol sepanjang jalur mudik, dan kota-kota besar di Pulau Jawa.

Pemudik bisa membeli BBM kendaraan dengan pembayaran yang mudah, cukup menempelkan smartphone di mesin transaksi.

Untuk kebutuhan logistik di jalan, sejumlah restoran yang ada di rest area juga telah mendukung T-Cash, seperti KFC, McDonald's, Burger King, Dunkin' Donuts, Circle K, Solaria, Indomaret, Alfamart, Starbucks, The Coffee Bean, dan sebagainya.

Daftar lengkap merchant Telkomsel T-Cash bisa dilihat di tautan berikut ini.

Setidaknya, dua kebutuhan di atas, yakni BBM dan logistik di perjalanan, bisa ditangani dengan T-Cash, menjadikan mudik lebih nyaman dan aman. Tentu saja uang tunai tetap dibutuhkan untuk berjaga-jaga, namun tak perlu membawa terlalu banyak.

Bagaimana cara menggunakannya?

Layanan uang elektronik T-Cash telah mendapat izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti belanja, membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa, dan kirim uang.

Seorang pelanggan Telkomsel sedang mengaktifkan TCash di Grapari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Seorang pelanggan Telkomsel sedang mengaktifkan TCash di Grapari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Sabtu (2/6/2018).
Ke depannya, T-Cash berencana membuka diri, bukan hanya eksklusif milik Telkomsel saja, melainkan juga bakal bekerja sama dengan operator-operator seluler lain, seperti Indosat dan XL Axiata.

Pelanggan yang tertarik bisa mengaktifkan layanan T-Cash dengan cara berikut ini:

1. Aktifkan T-Cash dengan menghubungi *800*88# melalui perangkat mobile.
2. Dapatkan stiker T-Cash di GraPARI terdekat.
3. Tempelkan stiker T-Cash pada smartphone (disarankan untuk mematikan fitur NFC yang terdapat pada smartphone atau tempel stiker di bagian yang tidak menutupi area NFC).
4. Customer service Telkomsel akan membantu pelanggan mengaktifkan nomor PIN T-Cash
5. Stiker T-Cash akan aktif pada transaksi pertama

Jika layanan T-Cash sudah aktif, maka pelanggan dapat melakukan isi saldo T-Cash melalui berbagai cara, bisa melalui GrapaRi, ATM Bersama, atau gerai Indomaret terdekat.


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X