Seperti Apa Xbox yang Bakal Dirilis 2020 Mendatang?

Kompas.com - 25/06/2018, 20:15 WIB
Xbox One X MicrosoftXbox One X

KOMPAS.com - Microsoft disebut-sebut akan meluncurkan Xbox generasi berikutnya pada 2020 mendatang. Kepala Divisi Xbox, Phil Spencer pun sudah mengonfirmasi bahwa perusahaan memang tengah menyiapkan konsol anyar.

Sayangnya Phil tidak secara gamblang menjelaskan akan seperti apa konsol ini nantinya. Microsoft sendiri menyiapkan konsol ini dengan nama kode "Scarlett".

Dikutip KompasTekno dari Toms Guide, Senin (25/6/2018), perangkat Microsoft ini nantinya bukan lagi jadi sekadar konsol, tetapi besar kemungkinan akan menghadirkan layanan streaming game.

Hal ini terindikasi dari perkataan Phil di ajang E3 yang dihelat beberapa waktu lalu. Dalam gelaran tersebut, Phil juga memastikan bahwa tim yang tengah bekerja pada konsol Xbox terbaru ini adalah tim yang sama yang menggarap Xbox One X.

"Kami ingin memberi pengalaman terbaik bermain game di mana pun dan kapan pun," ungkap Phil dalam gelaran E3.

Kabar ini sejatinya bukan yang pertama kali. Pada 2016 lalu Microsoft juga diberitakan akan meluncurkan Xbox TV. Perangkat ini kabarnya bisa digunakan untuk mengakses game Xbox One hanya bermodalkan TV dan koneksi internet.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Konsol Xbox Terbaru pada 2020?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kemampuan streaming game, Microsoft juga diprediksi tak hanya meluncurkan satu konsol, melainkan ada beberapa varian.

Konsol Xbox generasi berikutnya diprediksi akan memiliki beberapa versi sesuai dengan spesifikasi layaknya sebuah ponsel.

"Tim yang sama, yang tengah menggarap Xbox One X ini juga sedang menyiapkan arsitektur untuk beberapa konsol Xbox berikutnya," ungkap Phil.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apa saja varian Xbox yang akan diluncurkan nantinya.

Pihak Microsoft masih belum memberi informasi lebih lanjut seputar konsol ini. Memang wajar, pasalnya Xbox One X pun baru saja diperkenalkan pada akhir 2017 lalu, sehingga Microsoft lebih lebih banyak bicara soal konsol ini.

Sebelumnya, Sony pun dikabarkan akan merilis konsol generasi teranyarnya juga pada 2020 mendatang. PlayStation 5 juga diprediksi akan memiliki layanan streaming game, di samping penggunaan cakram blue-ray.

Memang, industri video game diramalkan akan beralih pada penggunaan cloud atau komputasi awan ketimbang media fisik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.