Video YouTube Bisa Ditonton di Jendela Kecil Saat Buka Aplikasi Lain

Kompas.com - 28/06/2018, 15:11 WIB
Tangkapan layar mode picture-in-picture YouTube EngadgetTangkapan layar mode picture-in-picture YouTube

KOMPAS.com - YouTube meluncurkan mode picture-in-picture (PiP) bagi pengguna non-premium YouTube di perangkat Android Oreo.

Dengan mode ini, pengguna bisa menonton video di YouTube dalam sebuah jendela kecil sambil mengakses aplikasi lain secara bersamaan.

Sebelumnya, video YouTube dengan skema picture-in-picture memang sudah bisa digunakan. Namun ketika pengguna keluar dari aplikasi YouTube, video di jendela kecil tersebut juga akan berakhir.

Mode picture-in-picture bisa diaktifkan dengan mengetuk tombol "home" saat menonton video. Setelah video mengecil, layar YouTube bisa dipindah-pindah posisi sesuai kehendak.

Salah satu pengguna Reddit di Amerika Serikat memergoki fitur anyar tersebut dan telah terkonfirmasi oleh laman bantuan Google, jika memang fitur itu sudah bisa digunakan di wilayah AS, sebagaimana KompasTekno kutip dari Tech Crunch, Kamis (28/6/2018).

Dalam lamannya, Google menegaskan jika fitur tersebut baru bisa diakses di AS untuk saat ini.
Disebutkan oleh Google, hampir semua video di YouTube akan bisa ditonton dengan mode PiP.

Namun untuk video musik, mode picture-in-picture hanya berlaku bagi pengguna YouTube premium saja. Format ini juga bisa diatur sendiri oleh pemilik kanal atau konten kerator YouTube.

Namun tak perlu khawatir, pengguna bisa melihat apakah video yang dipilih mendukung format PiP. Pengguna bisa mengecek pada menu pengaturan YouTube, dan melihat apakah ada tombol pengalih (toggle) untuk mode picture-in-picture atau tidak.

Baca juga: YouTube Beri Kreator 3 Cara Mendapat Uang Selain dari Iklan

Fitur ini sebelumnya telah diuji coba induk YouTube, Google di perangkat berbasis Android Oreo pada bulan Mei lalu. Belum ada konfirmasi lanjut dari Google, kapan akan disebar merata untuk negara lain.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X