Hati-hati Menghapus Aplikasi SMS di Xiaomi Mi A1

Kompas.com - 02/07/2018, 10:07 WIB
Xiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017). Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comXiaomi Mi A1 resmi diperkenalkan di New Delhi, India, Selasa (5/8/2017).

KOMPAS.com - Pembaruan sistem Xiaomi Mi A1 ke Android 8.0 Oreo berulang dirilis tetapi masalah pun kerap ditemui.

Setelah dua bulan mendarat di Mi A1 pada tahun lalu, update ke MIUI berbasis Android 8.0 masih menyisipkan banyak bug yang diresahkan pengguna Mi A1 seperti baterai yang boros.

Hal serupa pun terulang setelah update MIUI versi Android 8.1 mendarat di Mi A1 beberapa waktu lalu. Sejumlah pengguna Mi A1 mengeluhkan bug yang cukup serius, yakni terhapusnya semua SMS yang ada di perangkat.

Raibnya SMS itu kemungkinan karena aplikasinya dihapus dari layar utama. Banyak yang mengira, menghapus aplikasi SMS di layar utama hanya menghapus shortcut-nya saja.

Umumnya, aplikasi yang hanya dihapus dari layar utama tidak akan ter-uninstall dari perangkat. Namun, hal ini tidak berlaku di Mi A1 update terbaru.

Tangkapan layar perbandingan Android 8.0 (kiri) dan Android 8.1 (kanan) di Xiaomi Mi A1Android Police Tangkapan layar perbandingan Android 8.0 (kiri) dan Android 8.1 (kanan) di Xiaomi Mi A1

Sebelum menunggu perbaikan dari pihak Xiaomi, ada baiknya pengguna Mi A1 mencadangkan isi SMS melalui aplikasi SMS Backup & Restore yang bisa diunduh melalui tautan berikut.

Pembaruan sistem ini juga menyebabkan kegagalan pada fitur kemanan Google, SafetyNet. Fitur ini berguna untuk mendeteksi perangkat Android yang sudah di-root, dimodifikasi ROM-nya atau modifikasi lain yang dianggap Google tidak aman.

Secara keseluruhan, tidak ada fitur baru yang penting di pembaruan Android 8.1 dari Android 8.0. Fitur baru yang ada seperti, seperti kemampuan melihat sisa daya baterai dari perangkat yang terkoneksi Bluetooth.

Baca juga: Pengguna Xiaomi Mi A1 Mengeluh setelah Update Android Oreo

Pembaruan berukuran 1.15 GB ini juga sepaket dengan penambal keamanan baru, seperti dilansir KompasTekno dari Android Police, Senin (2/7/2018).

Perubahan user interface (UI) di Mi Ai juga nampak pada power menu, update launcher, kualitas suara, dan tema SystemUI yang akan menyesuaikan dengan warna wallpaper.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X