Cara Memakai Android 9 Pie, Diketuk dan Diusap

Kompas.com - 07/08/2018, 09:02 WIB
Android P Android CentralAndroid P

KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang hadir pada Android P alias Pie adalah navigasi berbasis gestur atau ketukan dan usapan di layar. Fitur ini menjadi pengganti tombol-tombol dasar yang biasanya ditemukan di ponsel Android seperti "home", "back" dan "recent apps".

Pada Android P, tombol-tombol dasar tersebut dihilangkan dan diganti dengan tombol strip (-) kecil pada bagian bawah. Pada tombol strip inilah pengguna bisa menggunakan gestur usapan sebagai navigasi pengganti tombol dasar

Lantas bagaimana cara untuk melakukan navigasi dasar berbasis usapan ini? Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan navigasi dasar berbasis ketukan dan usapan yang dirangkum KompasTekno dari 9to5google, Selasa (7/8/2018).

Menuju Homescreen

Biasanya pengguna Android cukup mengetuk tombol tengah untuk menuju homescreen. Pada Android P pun tak jauh berbeda, Anda cukup mengetuk sekali saja tombol strip pada bagian bawah. Secara otomatis Anda akan dibawa menuju tampilan homescreen.

Baca juga: Google Resmikan Android 9 Pie

Membuka recent apps

Tombol untuk membuka recent apps biasanya ada pada bagian kanan atau kiri tombol homescreen. Namun karena pada Android P ini hanya ada satu tombol strip, maka semua berpusat pada tombol ini.

Caranya, pengguna cukup mengusap tombol strip ke bagian atas. Secara otomatis akan muncul beberapa aplikasi yang tengah dibuka oleh pengguna.

Berganti dua aplikasi berbeda dengan cepat

Pada Android sebelumnya pengguna bisa mengakses dua aplikasi yang berbeda dengan cepat, dengan mengetuk dua kali tombol recent apps.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5Google

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X