Secanggih Apa Sensor Kamera Mirrorless “Full Frame” Nikon?

Kompas.com - 21/08/2018, 08:49 WIB
Gambar teaser dari Nikon, tentang kamera mirrorless full frame barunya. NikonGambar teaser dari Nikon, tentang kamera mirrorless full frame barunya.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Nikon diketahui sedang menyiapkan lini kamera mirrorless “Z series” baru yang menggunakan sensor gambar “full frame”, seperti kamera Sony seri A7 dan A9. Secanggih apa penangkap gambar tersebut?

Rumor yang belakangan beredar menyebutkan bahwa sensor gambar di kamera full-frame Nikon itu bakal “lebih baik” dibandingkan sensor milik kamera DSLR D850 dari pabrikan yang sama.

Entah apa definisi “lebih baik” di sini, namun disebutkan bahwa sensor sang kamera mirrorless full-frame bisa menangkap cahaya lebih banyak, sehingga memberi efek seolah lensa yang terpasang memiliki bukaan lebih lebar.

Lensa berbukaan f/1.8 misalnya, bisa berlaku seolah lensa dengan aperture f/1.4, dalam hal intensitas cahaya yang ditangkap, bukan depth-of-field.

Nikon D850 diketahui merupakan salah satu kamera DSLR dengan sensor gambar terbaik. Penangkap gambar beresolusi 45 megapiksel di kamera ini membuatnya jadi DSLR pertama yang meraih skor 100 poin di uji DXO Mark tahun lalu.

Baca juga: Inikah Tampang Kamera Mirrorless Full-Frame Nikon yang Segera Meluncur?

Apabila rumor di atas benar adanya, mungkin kamera mirrorless Nikon bakal menawarkan kualitas sensor yang lebih baik lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ubergizmo, Selasa (21/8/2018), kamera mirrorless full-frame Nikon sendiri diketahui bakal terdiri dari dua model yang masing-masing bernama Z6 dan Z7.

Nikon Z7 bakal memiliki sensor resolusi tinggi, 45 mgapiksel untuk menangkap detail maksimum. Sementara, Nikon Z6 lebih dioptimalkan untuk kecepatan dan kondisi low-light dengan resolusi sensor 24 megapiksel. Belum jelas mana di antara keduanya yang bakal memiliki sensor “lebih baik dari D850”.

Selain dua kamera mirrorless, Nikon kabarnya juga akan merilis tiga lensa baru dengan dudukan lensa “Z-mount” sebagai pendamping, termasuk lensa normal 50 mm f/1.8, lensa zoom 24-70 mm f/4, dan lensa prime berbukaan f/1.8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.