Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Berhak Rp 50.000 untuk Setiap Smartphone 5G

Kompas.com - 23/08/2018, 17:14 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski jaringan 5G belum dikomersilkan, beberapa vendor sudah siap ancang-ancang mengambil untung dari teknologi jaringan kelima tersebut. Salah satunya adalah Nokia.

Nokia baru saja mengumumkan tarif  pemakaian paten yang mereka miliki pada setiap smartphone 5G.

Nokia akan memungut uang sebesar 3 euro atau sekitar Rp 50.000 untuk setiap ponsel 5G apapun mereknya yang dijual di seluruh dunia.

"Pengumuman ini menjadi langkah penting untuk membantu rencana perusahaan demi mengenalkan 5G/NR (new radio) yang mumpuni untuk ponsel," jelas kepala bisnis paten Nokia, Ilkka Rahnasto.

Ia menjanjikan peluncuran komersial ponsel 5G pertama Nokia akan mulai beredar tahun depan. Nokia akan memberlakukan tarif lisensi yang berbeda di produk setiap yang berbeda ke depannya.

Vendor asal Finlandia tersebut mengaku akan mengedepankan dialog dengan para pelaku industri terkait untuk menemukan model lisensi paling cocok.

Baca juga: Qualcomm Siapkan Chip 5G Snapdragon 865

Nilai yang dibanderol Nokia disebut lebih rendah dibanding Qualcomm dan Ericsson untuk paten 5G milik mereka.

Tahun lalu, Qualcomm mengumumkan tambahan biaya bagi vendor smartphone untuk royalti ponsel 5G di setiap produk yang mereka jual sebesar 16,25 dollar AS atau sekitar Rp 238.000.

Namun, dilansir KompasTekno dari Telecom Asia, Kamis (23/8/2018), harga tersebut bukanlah harga tetap yang harus dibayar vendor. Banderol harga tergantung pada teknologi apa saja yang terkandung di dalam lisensi, termasuk jenis perangkat apa yang akan dijual vendor tersebut.

Sementara Ericsson yang bermarkas di Stockholm, Swedia akan menarik biaya 5 dollar AS atau berkisar Rp 73.000 untuk setiap ponsel 5G yang diproduksi di seluruh dunia. Perusahaan tersebut mengaku bisa saja memotong harga menjadi setengahnya untuk situasi tertentu.

Baik Nokia, Qualcomm, Ericsson atau vendor manapun yang memiliki paten jaringan 5G akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pundi-pundi mereka.

Baca juga: Ponsel 5G LG Meluncur Awal 2019

Seperti yang diungkapkan CEO Nokia, Rajeev Suri, ia mengatakan jika Nokia akan memanfaatkan setiap peluang untuk dimonetisasi.

"Kami selalu memiliki target yang ambisius dan jelas untuk kreasi paten baru dan kami konsisten menambah petan baru untuk portofolio kami," papar Suri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com