Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Modem 5G Pertama di Dunia, Exynos 5100

Kompas.com - 16/08/2018, 08:44 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber AnandTech
KOMPAS.com - Dalam gelaran CES 2018 Januari lalu, Samsung sempat mendemonstrasikan modem 5G untuk perangkat mobile secara tertutup. Ketika itu tidak dijelaskan kapan chip modem yang bersangkutan bakal tersedia.
 
Pekan ini, chip modem bernama Exynos 5100 tersebut akhirnya resmi diumumkan. Exynos 5100 merupakan chip modem 5G multi-mode pertama di dunia. 
 
Exynos 5100 sepenuhnya kompatibel dengan standar yang ditetapkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Kecepatan downlink chip modem ini diklaim mencapai 2 Gbps dengan setting sub-6 GHz, dan hingga 6 Gbps dengan menggunakan setting mmWave.
 
Selain itu Exynos 5100 turut mendukuga 8x carrier agregation (CA), baik di 5G NR maupun 4G LTE. Kecepatan transfer data 4G LTE maksimalnya diklaim bisa mencapai 1,6 Gbps. 
 
Sebagai chip modem multi-mode, Exynos kompatibel dengan teknologi-teknologi seluler sebelumnya, termasuk 2G GSM/ CDMA, 3G WCDMA, TD-SCDMA, HSPA, dan 4G LTE.

Baca juga: OnePlus 7 Bisa Jadi Ponsel 5G Pertama di Dunia

 
Dalam hal ini Exynos 5100 berbeda dari modem 5G X50 besutan Qualcomm yang lebih dulu diperkenalkan. X50 membutuhkan dukungan generasi seluler legacy tersebut dari System on Chip (SoC). 
 
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AnandTech, Rabu (16/8/2018) Exynos 5100 pun memiliki kelebihan untuk skenario integrasi di perangkat yang sejak awal belum memiliki konektivitas.
 
Samsung menjanjikan Exynos 5100 yang diproduksi dengan proses manufaktur 10nm ini bakal mulai tersedia menjelang akhir 2018. Belum diketahui perangkat mana saja yang akan menggunakannya. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com