Qualcomm Siapkan Chip 5G Snapdragon 865

Kompas.com - 20/08/2018, 18:14 WIB
Chip Qualcomm Snapdragon 845. Oik Yusuf/KOMPAS.comChip Qualcomm Snapdragon 845.


KOMPAS.com - Qualcomm dikabarkan tengah menggarap chipset generasi berikutnya, yang bernama Snapdragon 865. Istimewanya prosesor ini dibuat untuk mengakomodasi jaringan 5G dengan modem yang tertanam di dalam chip.

Kabar ini terungkap dari kicauan sebuah akun Twitter yang kerap memberi bocoran seputar tren teknologi terkini. Akun Twitter @UniverseIce ini mengatakan bahwa Snapdragon 865 bakal menjadi "chipset 5G yang lengkap".

"Qualcomm tengah mengembangkan SDM865 yang akan menjadi chipset lengkap," tulis akun @UniverseIce.


Maksud dari kata "lengkap" di sini artinya Snapdragon 865 tak hanya membawa CPU dan GPU tapi juga modem 5G sekaligus, tidak terpisah pada logic board. Artinya ini bisa menjadi prosesor pertama yang miliki kemampuan 5G.

Baca juga: Samsung Umumkan Modem 5G Pertama di Dunia, Exynos 5100

Dikutip KompasTekno dari MobileSyrup, Senin (20/8/2018), saat ini Qualcomm sendiri memiliki modem 5G yakni Snapdragon X50. Namun modem ini dibuat terpisah dari prosesor, sehingga perangkat yang ingin memasang modem ini harus melakukan sedikit modifikasi pada logic board agar bisa menanamkan modem tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kabar ini benar adanya maka kemungkinan besar prosesor ini akan mulai hadir pada 2019 mendatang.

Tapi ada juga rumor yang mengatakan bahwa Snapdragon 865 ini sebenarnya adalah Snapdragon 855 yang diubah namanya. Rumor tersebut mengatakan bahwa nama Snapdragon 855 dikhawatirkan akan membuat konsumen kebingungan.

Pasalnya selama ini keberadaan Snapdragon seri 850 dipasarkan hanya untuk perangkat laptop dan tablet sehingga ada kekhawatiran jika menggunakan nama seri Snapdragon 855, maka dapat terjadi kesalahpahaman.

Kendati demikian Qualcomm sendiri masih belum berkomentar terkait isu ini. Namun jika kabar ini benar adanya maka akan sangat menarik menantikan keberadaan prosesor 5G di tahun 2019 mendatang.

Tentu saja dengan adanya prosesor ini maka industri ponsel pintar sudah benar-benar siap untuk beralih ke jaringan internet generasi ke lima.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.