LG Luncurkan TV OLED Resolusi 8K Pertama di Dunia

Kompas.com - 30/08/2018, 17:38 WIB
TV OLED 8K LG LG via ForbesTV OLED 8K LG

KOMPAS.com - Saat pameran Consumer Electronics Show 2018 (CES) digelar Januari lalu, LG memamerkan monitor panel OLED 8K. Ternyata, tekonologi tersebut diimplementasikan dalam sebuah televisi berukuran jumbo.

Vendor elektronik Korea Selatan tersebut memperkenalkan televisi panel OLED 88 inci dengan resolusi 8K pertama di dunia. Sebenarnya, di ajang CES 2018, Samsung juga memperkenalkan TV resolusi 8K, namun mengadopsi teknologi QLED.

TV ini dipamerkan di ajang IFA 2018 yang sedang berlangsung di Berlin. Ini merupakan gebrakan baru saat standar 4K masih marak di pasaran.

"TV OLED resolusi 8K pertama LG adalah puncak pencapaian teknologi dan kemajuan evolusioner dalam teknologi display," jelas President of LG Home Entertainment Company, Brian Kwon.

Ia yakin jika kelak standar 8K bisa sesukses standar 4K OLED yang meramaikan industri televisi saat ini.

Dirangkum KompasTekno dari Uber Gizmo, Kamis (30/8/2018), TV OLED 8K akan memiliki resolusi 7.680 × 4.320 dengan lebih dari 33 juta self-emitting piksel untuk menciptakan rasio kontras dan warna hitam untuk meningkatkan kualitas gambar.

Sebagai perbandingan, standar 4K memiliki resolusi gambar 3.840 x 2.160, yang berarti resolusi 8K empat kali lebih besar dibanding standar 4K.

Baca juga: Samsung Boyong TV 8K ke Indonesia, Harga Kisaran Rp 130 Juta

Sayangnya, LG masih bungkam soal harga yang dibanderol untuk satu unit televisi 8K ini. Mengingat harga TV OLED 4K saja tidak murah, kemungkinan harga TV OLED 8K juga akan mahal.

LG menyadari jika pasar teknologi 8K masih sangat kecil. Namun mereka memprediksi pada 2022 mendatang, penjualan unit TV OLED 8K bisa menembus angka lima juta unit setahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Uber Gizmo
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X