Hari Ini dalam Sejarah: Nintendo Merilis "Super Mario Bros"

Kompas.com - 13/09/2018, 12:07 WIB
Super Mario Broswikipedia.org Super Mario Bros

KOMPAS.com - Hari ini 33 tahun yang lalu, tepatnya pada 13 September 1985, perusahaan multinasional asal Jepang, Nintendo, meriris game fenomenal " Super Mario Bros".

Dilansir dari laman The Verge, Nintendo merilis Super Mario Bros perdana ini untuk konsol Famicom di Jepang.

Perusahaan berbasis di Kyoto itu kemudian merilis game ini untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) di Amerika, Eropa, dan beberapa negara lain.

Game ini merupakan rilisan kedua setelah Nintendo sempat memperkenalkan Super Mario Bros untuk platform arcade pada 1983.

Shigero Miyamoto dan Takashi Tezuka merupakan seorang di balik lahirnya permainan legendaris ini. Sampai saat ini, game ini masih banyak dimainkan oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua.

Versi baru game dengan karakter Mario, Luigi, Putri Peach, Toad, dan Bowser ini pun masih dirilis Nintendo hingga sekarang.

Baca juga: Nintendo Untung Banyak Berkat "Super Mario Run"

Karakter

Karakter utama dalam permainan ini adalah seorang lekaki berkumis yang menggunakan pakaian overall merah dengan baju coklat. Lelaki bernama "Mario" ini akan berjalan menuju tingkat akhir dengan melalui bermacam rintangan.

Super Mario Bros bisa dimainkan sendiri (1P) maupun dua orang (2P) secara bergantian. Jika pemain menggunakan mode single player, dia akan memainkan peran Mario sebagai karakter utama dalam jalannya permainan.

Sedangkan jika menggunakan two player mode, pemain kedua akan menggunakan karakter bernama Luigi. Sosok ini merupakan adik dari Mario yang digambarkan dalam permainan dengan perbedaan overall putih dan memakai baju hijau.

Menjelajah Kerajaan Jamur adalah tantangan dalam setiap tingkat dalam permainan ini. Pemain harus menghancurkan dan melawan Bowser, sebagai karakter musuh dalam permainan, yang punya prajurit dalam bermacam bentuk.

Pada tahapan akhir, Mario dan Luigi akan menyelamatkan Putri Peach dan Kerajaan Jamur dari cengkeraman Bowser.

Baca juga: Ada "Mario Kart" di Google Maps, Begini Cara Memunculkannya

Gameplay

 

Halaman:



Close Ads X