Hari Ini dalam Sejarah: Nintendo Merilis "Super Mario Bros" - Kompas.com

Hari Ini dalam Sejarah: Nintendo Merilis "Super Mario Bros"

Kompas.com - 13/09/2018, 12:07 WIB
Super Mario Broswikipedia.org Super Mario Bros

KOMPAS.com - Hari ini 33 tahun yang lalu, tepatnya pada 13 September 1985, perusahaan multinasional asal Jepang, Nintendo, meriris game fenomenal " Super Mario Bros".

Dilansir dari laman The Verge, Nintendo merilis Super Mario Bros perdana ini untuk konsol Famicom di Jepang.

Perusahaan berbasis di Kyoto itu kemudian merilis game ini untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES) di Amerika, Eropa, dan beberapa negara lain.

Game ini merupakan rilisan kedua setelah Nintendo sempat memperkenalkan Super Mario Bros untuk platform arcade pada 1983.

Shigero Miyamoto dan Takashi Tezuka merupakan seorang di balik lahirnya permainan legendaris ini. Sampai saat ini, game ini masih banyak dimainkan oleh berbagai kalangan, baik muda maupun tua.

Versi baru game dengan karakter Mario, Luigi, Putri Peach, Toad, dan Bowser ini pun masih dirilis Nintendo hingga sekarang.

Baca juga: Nintendo Untung Banyak Berkat "Super Mario Run"

Karakter

Karakter utama dalam permainan ini adalah seorang lekaki berkumis yang menggunakan pakaian overall merah dengan baju coklat. Lelaki bernama "Mario" ini akan berjalan menuju tingkat akhir dengan melalui bermacam rintangan.

Super Mario Bros bisa dimainkan sendiri (1P) maupun dua orang (2P) secara bergantian. Jika pemain menggunakan mode single player, dia akan memainkan peran Mario sebagai karakter utama dalam jalannya permainan.

Sedangkan jika menggunakan two player mode, pemain kedua akan menggunakan karakter bernama Luigi. Sosok ini merupakan adik dari Mario yang digambarkan dalam permainan dengan perbedaan overall putih dan memakai baju hijau.

Menjelajah Kerajaan Jamur adalah tantangan dalam setiap tingkat dalam permainan ini. Pemain harus menghancurkan dan melawan Bowser, sebagai karakter musuh dalam permainan, yang punya prajurit dalam bermacam bentuk.

Pada tahapan akhir, Mario dan Luigi akan menyelamatkan Putri Peach dan Kerajaan Jamur dari cengkeraman Bowser.

Baca juga: Ada "Mario Kart" di Google Maps, Begini Cara Memunculkannya

Gameplay

 

Permainan Super Mario Broswikipedia.org Permainan Super Mario Bros

Mario dan Luigi berjuang untuk menyelamatkan Putri Peach dengan menjelajahi Kerajaan Jamur yang sudah dikuasai anak buah Bowser.

Permainan ini terdiri dari delapan tingkatan dengan empat sub tingkat yang masing-masing mempunyai kesulitan tersendiri.

Mario dan Luigi akan dituntun pemain untuk berjalan ke arah depan dengan melompat, menghancurkan musuh dengan cara menginjaknya, atau menembakkan api selama permainan.

Bonus dan poin yang didapat berasal dengan cara memecahkan balok-balok yang terdapat simbol tanda tanya.

Karakter juga bisa mendapatkan tambahan tenaga apabila memakan jamur berwarna merah serta bisa mengeluarkan tembakan apabila mendapat bunga berapi.

Pada permainan ini, seorang pemain diberikan tiga kesempatan. Namun, apabila pemain memperoleh jamur berwarna hijau (1 Up) dia akan dapat tambahan kesempatan.

Ketika pemain telah melebihi tiga kali kesempatan, pemain harus mengulang dari tingkatan level pertama.

Perkembangan

Sejak awal dirilis, permainan ini membawa pengaruh yang besar terhadap perkembangan game. Super Mario Bros tercatat sebagai salah satu permainan terlaris sampai saat ini.

Game ini berhasil memberikan warna lain dalam perkembangan industri permainan. Walaupun masih menggunakan 2D platformer game, Super Mario Bros bisa menghadirkan daya tarik bagi para gamer.

Sampai saat ini, versi terbaru yang dikembangkan dari game ini terus bermunculan dan tampil dengan bermacam gameplay yang beda dengan versi pendahulunya.

Nintendo tetap menjadikan Mario dan Luigi sebagai andalan di berbagai konsol yang dirilisnya, baik itu NES, Super NES, Nintendo Wii, Nintendo Wii U, hingga Nintendo Switch.

Tidak hanya itu, Nintendo juga merilis franchise dari game ini untuk perangkat genggam seperti Game Boy dan Nintendo DS.

Nintendo juga masuk ke pasar aplikasi, baik itu Android dan iOS, dengan merilis Super Mario Run, yang juga meraih kesuksesan.


Komentar
Close Ads X