Ongkos Reparasi iPhone XS Max Bisa Dipakai Beli iPhone 8 Baru

Kompas.com - 18/09/2018, 13:52 WIB
Harga dan varian iPhone XS Max. IstimewaHarga dan varian iPhone XS Max.

KOMPAS.com - iPhone XS Max menjadi seri iPhone baru yang paling premium. Di negara asalnya, iPhone XS Max dijual mulai dari harga 1.099 dollar AS (sekitar 16,4 juta). Banderol itu menjadi harga paling mahal untuk sebuah ponsel saat ini.

Mengingat harganya yang premium, tentu harga servis resminya tidaklah murah. Untuk perbaikan layar iPhone XS Max yang berbentang 6,5 inci, situs Apple Care menyebut pengguna harus menyiapkan dana 329 dollar AS (sekitar Rp 4,9 juta).

Namun jika ada kerusakan, untuk memperbaikinya tanpa garansi, pengguna harus merogoh kocek sebesar 599 dollar AS (sekitar Rp 8,9 juta).

Harga tersebut sama dengan harga satu unit iPhone 8 yang kini telah turun harga, pasca-peluncuran trio iPhone baru pada 12 September lalu.

Sementara untuk iPhone XS, biaya perbaikannya masih sama dengan iPhone X. Untuk reparasi layar, pengguna harus membayar 279 dollar AS (sekitar Rp 4,1 jutaan). Sedangkan untuk perbaikan lainnya, dibutuhkan ongkos 549 dollar AS (sekitar Rp 8,1 jutaan).

Baca juga: iPhone XS dan iPhone XS Max Resmi Meluncur, Ini Fitur Unggulannya

Daftar harga perbaikan iPhone dengan dan tanpa garansi AppleCareUSA Today Daftar harga perbaikan iPhone dengan dan tanpa garansi AppleCare

Tetapi, jika pengguna membeli dukungan AppleCare yang mencakup garansi kehilangan, seharga 199 atau 269 dollar AS (sekitar Rp 3-4 jutaan), maka ongkos perbaikan layar 29 dollar AS (sekitar Rp 433 ribuan), dan kerusakan lain dipatok 99 dollar AS (sekitar Rp 1,5 jutaan).

Dengan kata lain, jika iPhone XS rusak tanpa dilindungi garansi, total biaya perbaikan iPhone XS adalah 1.548 dollar AS (sekitar Rp 23,1 jutaan).

Bisa saja pengguna melakukan servis ke pihak ketiga yang tidak resmi, namun konsekuensinya, onderdil tidak resmi Apple biasanya justru akan menimbulkan masalah baru.

Untuk diketahui, cakupan garansi AppleCare adalah pencurian dan kehilangan yang beraku selama dua tahun. Wakil Presiden Product Marketing Apple, Susan Prescott mengatakan jika AppleCare adalah program layanan dan dukungan paling komprehensif.

Meski duo iPhone XS diklaim memiliki ketahanan yang canggih di jajaran smartphone, namun Presscot mewanti-wanti jika kecelakaan mungkin saja terjadi, sebagaimana KompasTekno rangkum dari USA Today, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Lebih Mahal, iPhone XS Max Diprediksi Lebih Laku

Selain unit iPhone, Apple juga menjual beberapa aksesoris iPhone XS dan iPhone XS Max yang bisa dibeli secara terpisah, seperti Airpods seharga 159 dollar AS (Rp 2,3 jutaan) atau adapter USB C fast charging seharga 70 dollar AS (Rp 1 jutaan).

Jika ditotal, harga beli iPhone XS Max dan aksesorisnya, bisa digunakan untuk membeli MacBook Pro 15 inci.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X