Video Trending di YouTube Pasti Banyak Penonton?

Kompas.com - 22/09/2018, 11:29 WIB
Ilustrasi YouTube mashableIlustrasi YouTube

KOMPAS.com - Pertanyaan tersebut kerap mendera para konten kreator. Tak jarang, mereka menjadikan trending YouTube untuk mendongkrak lebih banyak penonton ke kanal mereka. Namun Chief of Business Officer YouTube, Robert Kyncl memiliki jawaban yang cukup membuka mata.

"Tidak terlalu berpengaruh sebenarnya," jawab Robert ketika berbincang-bincang dengan YouTuber Caspar Lee soal seluk-beluk monetisasi YouTube.

Kyncl menambahkan, penonton sebuah konten justru digenjot dari kategori video rekomendasi. Dalam video, Lee sempat menunjukan pada Kyncl tentang linimasa trending YouTube yang kebanyakan bukan dicipatkan para kreator.

Berbeda dengan rekomendasi yang merujuk penonton ke video yang serupa dengan apa yang mereka lihat, tab trending di YouTube hanya memberi tahukan apa saja yang sedang banyak dibicarakan.

Misalnya ketika orang-orang ramai membicarakan film, musik, berita atau acara televisi baru, maka trending YouTube akan dijejali video yang membahas hal tersebut.

Baca juga: YouTube Kebobolan, Video Hoaks Sempat Terpopuler

Sederhananya, Trending YouTube adalah pemantik untuk mengundang lebih banyak penonton datang ke platform, kemudian mengarahkan mereka ke video rekomendasi sesuai konten yang pertama dilihat. Trending dibuat untuk mencegah penonton agar tidak tersesat oleh banyaknya konten.

"Cara kami (YouTube) memikirkan tab trending dan alasan kami memilikinya adalah, kami bisa terus membawa banyak penonton ke YouTube untuk para kreator kami, agar mereka bisa terus membuat video mereka," jelas Kyncl.

Kepada Lee, Kyncl sesumbar jika saat ini YouTube memiliki 1,9 miliar penonton aktif tiap bulannya. Namun, jumlah tersebut dirasa masih sangat kecil dibanding total populasi dunia.

Lebih lanjut, trending tidak hanya merefleksikan apa yang sedang populer di YouTube saja, melainkan apa yang sedang dunia bicarakan.

"Jadi kita mengambil banyak sekali masukan dari berbagai tempat-termasuk dari luar YouTube-untuk memberikan pilihan," lanjutnya.

Tanda dollar berpengaruh?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X