iPhone XS Max Rebut Gelar “Layar Terbaik” dari Galaxy Note 9

Kompas.com - 25/09/2018, 19:06 WIB
Harga dan varian iPhone XS Max.Istimewa Harga dan varian iPhone XS Max.

KOMPAS.com - Dengan layar OLED berukuran 6,5 inci, smartphone terbaru Apple, iPhone XS Max adalah iPhone dengan bentang layar terlebar. Tak hanya besar, kualitas layarnya ternyata juga termasuk paling bagus untuk smartphone masa kini.

Hal tersebut diungkapkan oleh lembaga pengujian DisplayMate Technologies, yang menobatkan iPhone XS Max sebagai ponsel dengan layar terbaik, mengalahkan Galaxy Note 9 yang menjadi pemegang predikat itu sebelumnya.

DisplayMate melakukan serangkaian pengujian untuk menilai kualitas layar sebuah perangkat, termasuk akurasi warna, color gamut, tingkat kecerahan, hingga level kontras dan pantulan latar.

Dalam hampir semua pengujian, layar iPhone XS Max secara konsisten memberikan hasil tertinggi. Akurasi warnanya lebih tinggi dibandingkan Galaxy Note 9, dengan skor 0,8 JNDC (Just Noticeable Color Difference) berbanding 0,5 JNDC.

Baca juga: AnTuTu Ungkap Resolusi Layar dan Prosesor Terpopuler di Android

Lalu tingkat kecerahan iPhone XS Max juga lebih tinggi, mencapai 725 nits di homescreen. Sementara, Galaxy Note 9 hanya bisa mencapai tingkat kecerahan maksimal 710 nits di bawah kondisi dan setting tertentu.

Meski demikian, masih ada area pengujian di mana iPhone XS Max mencetak skor di bawah Galaxy Note 9, misalnya tingkat pantulan layar (reflectance) yang tercatat sebesar 4,7 persen, sedikit lebih rendah dari 4,4 persen yang dicatat Galaxy Note 9 (dalam hal ini skor lebih rendah lebih baik).

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slashgear, Selasa (25/9/2018), iPhone XS Max merupakan model iPhone generasi kedua yang memiliki layar OLED.

Apple mulai memakai materi layar OLED pada iPhone X yang meluncur tahun lalu, setelah sebelum-sebelumnya selalu memakai panel layar LCD untuk iPhone besutannya.

Pemegang predikat “smartphone dengan layar terbaik” dari DisplayMate tak pernah mempertahankan gelar tersebut dalam waktu lama, karena selalu dikalahkan oleh perangkat yang lebih baru.

iPhone X dulu juga sempat digelari sebagai ponsel berlayar terbaik, lalu dikalahkan oleh perangkat-perangkat Galaxy dari Samsung. Terakhir, Galaxy Note 9 baru saja dinobatkan sebagai pemegang gelar pada Agustus lalu, sebelum kini ditumbangkan oleh iPhone XS Max.

Hasil pengujian DisplayMate atas layar iPhone XS Max selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.




Close Ads X