Game Petualangan Minecraft: Dungeons Dirilis Tahun Depan

Kompas.com - 02/10/2018, 11:39 WIB
Minecraft Dungeons dijadwalkan akan dirilis 2019 mendatang. WffctechMinecraft Dungeons dijadwalkan akan dirilis 2019 mendatang.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya sejak merilis Minecraft pada 2011 silam, studio game Mojang bakal menambah judul baru di seri video game populer tersebut dengan nama Minecraft: Dungeons.

Diumumkan dalam perhelatan Minecon 2018 akhir pekan lalu, menurut sang pengembang, Minecraft: Dungeons yang ber-genre adventure ini mengambil inspirasi dari game dungeon crawler klasik. Minecraft: Dungeons sendiri bukan sekuel dari Minecraft, melainkan game yang benar-benar baru.

Adapun dungeon crawler adalah jenis permainan di mana karakter utama akan menjelajahi ruang bawah tanah dan labirin untuk menyelesaikan misi. Game ber-genre ini sempat menjadi tren di dekade 80-an hingga 90-an, saat konsol game Nintendo menjadi primadona.

Baca juga: Punya Uang Triliunan, Pencipta Minecraft Masih Kesepian

Berbeda dengan Minecraft biasa, pada seri Minecraft: Dungeons ini karakter utama akan menjelajahi aneka lokasi, seperti tebing, rawa-rawa, hingga tambang bawah tanah sembari membasmi musuh yang menghadang.

Karakter yang berbentuk kotak-kotak ala Minecraft tersebut juga akan membawa sejumlah senjata yang dapat digunakan untuk melawan musuh. Pemain Minecraft: Dungeons bisa berpetualang sendirian, atau dengan teman hingga maksimal 4 orang yang bermain.

"Kami ingin fokus untuk memastikan bahwa kami membuat bagian dungeon crawler ini sebaik mungkin," kata pimpinan bagian kreatif Mojang, Jens Bergentsen, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Business Insider, Senin (1/10/2018).

Jens pun mengatakan Minecraft: Dungeons akan berbeda dengan Minecraft original. Fokusnya adalah action, bukan bangun-membangun. Di versi baru ini gameplay yang disajikan akan berupa petualangan dan menghabisi lawan. Tak seperti versi lawas di mana pemain dapat membangun rumah, mencari makan, dan bertahan hidup.

"Saya akan mengatakan bahwa ini memang berasal dari Minecraft. Tapi Minecraft: Dungeons benar-benar menjadi game petualangan dengan kisah yang melekat pada karakter," imbuhnya.

Minecraft; Dungeons disebut akan hadir pada awal 2019 untuk PC. Sementara untuk platform lain, Mojang belum dapat memastikan kapan game ini akan dirilis.

Minecraft sendiri menjadi salah satu seri game paling populer yang pernah diciptakan. Pada 2014 game ini diakusisi oleh Microsoft senilai 2,6 milliar dollar AS (setara Rp 33,3 triliun kala itu). 

Baca juga: Microsoft Beli Pembuat "Game" Minecraft Rp 30 Triliun

Hingga Januari 2018 lalu tercatat game ini telah terjual sebanyak 144 juta kopi. Kini Minecraft dimainkan oleh 75 juta orang per bulannya.

Trailer singkat dari Minecraft: Dungeons dapat disimak di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.