Apple Kesulitan Tetapkan Harga iPhone 2019?

Kompas.com - 09/10/2018, 09:30 WIB
iPhone XS, XS Max (kiri), dan Galaxy Note 9 (kanan) Lulu Cinantya Mahendra/KOMPAS.com, IstimewaiPhone XS, XS Max (kiri), dan Galaxy Note 9 (kanan)

KOMPAS.com - Pada September lalu, Apple merilis iPhone 2018 dalam tiga model, yakni XS, XS Max, dan XR. Baru sebulan di pasaran, kini netizen mulai membahas iPhone keluaran 2019.

Menurut penyuplai di Taiwan, Apple bakal kesulitan menentukan harga untuk iPhone 2019. Pasalnya, pabrikan Android mulai berlomba-lomba menghadirkan smartphone yang mendukung konektivitas 5G.

Apple sendiri belum mengumbar rencana implementasi 5G dalam waktu dekat. Diketahui, standardisasi 5G baru disepakati tahun ini dan diprediksi bakal tersedia secara luas pada 2020 mendatang.

Lantas, jika iPhone 2019 masih menggunakan 4G dan ponsel Android sudah beralih ke 5G, bagaimana Apple harus bersikap dalam menentukan harga? Tentu kompetisinya akan lebih sulit jika Apple bersikeras memasang harga mahal.

Beberapa pihak membuat analisa yang mungkin menjadi pilihan Apple. Pertama, raksasa Cupertino itu menyamahi langkah dengan merilis iPhone 5G yang dibanderol sangat mahal, mulai 1.300 dollar AS (Rp 19,8 jutaan).

Di saat bersamaan, iPhone juga masih menyediakan varian 4G dengan harga lebih murah bagi mereka yang belum mau beralih, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (9/10/2018), dari PhoneArena.

Skenario kedua, Apple bakal menawarkan varian iPhone 4G dan 5G untuk entry level dengan kisaran harga serupa sekarang, 899 hingga 999 dollar AS (Rp Rp 13,7 jutaan hingga Rp 15,2 jutaan).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum jelas Apple akan memilih yang mana. Bisa jadi Apple punya strategi lain yang lebih relevan bagi masyarakat modern. Kita tunggu saja.

Yang jelas, Apple benar-benar harus memutar otak untuk menghadapi kompetisi era 5G. Sumber dalam menyebut Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, kemungkinan besar bakal merilis smartphone dengan dukungan 5G tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.