Pembuat 3D Mark Hapus Skor Oppo Find X dan F7, Ada Apa?

Kompas.com - 23/10/2018, 15:39 WIB
Tampak punggung Oppo Find X dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas. Oik Yusuf/KOMPAS.comTampak punggung Oppo Find X dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, marak beredar berita soal kecurangan yang dilakukan vendor ponsel Huawei dan Oppo pada perangkatnya saat melakukan uji kinerja lewat aplikasi benchmark.

Beberapa model smartphone bikinan kedua pabrikan secara otomatis menaikkan kinerja  saat mendeteksi aplikasi benchmark sedang berjalan. Masalahnya, peningkatan kinerja ini hanya terjadi dalam benchmark sehingga diduga merupakan upaya mencurangi skor.

Dalam perkembangan terbaru, UL Benchmarks selaku pemilik 3D Mark memutuskan untuk menghapus skor ponsel Oppo Find X dan F7 dari papan nilai aplikasi benchmark game populer tersebut.

Alasannya berkaitan dengan dugaan kecurangan tadi. UL Benchmarks menjalankan uji sendiri dan menemukan indikasi cheating dari Oppo Find X yang mirip dengan laporan sebelumnya.

Baca juga: Huawei dan Oppo Disebut Curangi Hasil "Benchmark"

"Setelah menguji perangkat-perangkat dimaksud di dalam lab dan memastikan bahwa mereka melanggar ketentuan benchmark, kami memutuskan untuk menghapus skornya dan mengeluarkan mereka dari ranking performa," ujar UL Benchmark dalam sebuah pernyataan.

Perangkat yang skornya dihapus (delist) dari 3D Mark ditempatkan di urutan terbawah daftar smartphone terbaik lansiran UL Benchmark. Namanya juga hanya ditampilkan tanpa urutan ranking atau skor kinerja.

Sebelumnya, seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (23/10/2018), skor tiga smartphone dari Huawei, yakni P20 Pro, Nova 3, dan Honor Play telah lebih dulu dihapus dari 3D Mark karena terindikasi melakukan kecurangan serupa.

Beda nama, beda skor

UL Benchmarks mereplikasi pengujian yang sudah dilakukan oleh sejumlah media untuk mengendus kecurangan di model-model smartphone terkait, yakni dengan memakai dua versi aplikasi 3D Mark besutannya sendiri yang berbeda nama.

Aplikasi pertama adalah 3D Mark versi publik yang tersedia dari toko Android Google Play Store. Yang kedua, 3D Mark versi private yang ditujukan bagi developer. Kedua aplikasi benchmark sebenarnya sama persis, hanya namanya saja yang beda.

Namun, perbedaan nama tersebut ternyata berujung pada perbedaaan skor yang jauh antara 3D Mark publik dan 3D Mark private. Skor Oppo Find X dan F7 lebih tinggi di 3D Mark publik ketimbang private.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X