Facebook Tambah Fitur Musik di Stories dan Profil

Kompas.com - 25/10/2018, 12:21 WIB
Fitur Musik di Stories Facebook VarietyFitur Musik di Stories Facebook

KOMPAS.com - Facebook meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna pamer musik di Facebook Stories dan profil. Fitur tersebut mulai digulirkan hari ini.

Cara menggunakannya pun mirip dengan menyisipkan musik Spotify di Instagram Stories. Cukup ketuk stiker "Music" di kamera Facebook dan pilih lagu yang ingin dibagikan. Nantinya, stike lagu akan muncul lengkap dengan judul dan nama penyanyinya.

Pengguna bisa memilih bagian tertentu dari lagu yang ingin dimainkan, atau bisa juga memainkan keseluruhan lagu sampai Stories berakhir. Fitur ini bisa dijajal oleh pengguna iOS dan Android.

Tapi sayangnya baru menyasar pengguna di beberapa negara, yakni AS, Australia, Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Inggris Raya, Irlandia, Italia, Luksemburg, Meksiko, Selandia Baru, Portugal, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Untuk saat ini, fitur berbagi musik di Stories baru menyediakan beberapa pilihan lagu saja. Facebook berjanji akan memperkaya pustaka lagu ke depannya.

Baca juga: Instagram Stories Mulai Bisa Disisipi Musik

Tak hanya di Stories, Facebook juga akan memudahkan pengguna berbagi musik di profil. Jika Anda pernah menggunakan MySpace, fitur ini kurang lebih sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, pengguna bisa menambahkan segmen musikdi profil Facebook dan menyematkan lagu di bagian atas profil.

Sebenarnya, musik yang disematkan bukanlah musik yang benar-benar sedang didengarkan secara real-time dan terpasang secara otomatisPengguna bebas memilih lagu yang ingin dibagikan dan mengaturnya secara manual.

Fitur Lip Sync Live mendapat pembaruan berupa lirik laguVariety Fitur Lip Sync Live mendapat pembaruan berupa lirik lagu

Jika ada teman Facebook yang mengunjungi profil dan melihat sematan lagu tersebut, mereka bisa membuka dan mendengarkan potongan beberapa daftar putar. Fitur ini akan sangat bermanfaat bagi para musisi untuk mempromosikan karya barunya.

Baca juga: Facebook Segarkan Wajah Messenger, Mode Gelap Segera Datang

Dilansir KompasTekno dari The Next Web, Kamis (25/10/2018), penambahan fitur musik ini semakin meyakinkan kesepakatan lisensi musik anatara Facebook dan beberapa rumah produksi musik kenamaan seperti UMG, Sony Music, dan Warner Bros.

Pertengahan tahun lalu, Facebook telah meluncurkan fitur "Lip Sync Live" yang digadang menyaingi platorm Tik Tok. Ftur ini juga mendapat pembaruan, dengan tambahan lirik untuk memudahkan pengguna saat karaoke.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X