Samsung Hapus Pemindai Iris di Galaxy S10?

Kompas.com - 05/11/2018, 17:25 WIB
Bocoran purwarupa smartphone beyond, yang merupakan kode nama untuk Samsung Galaxy S10 Phone ArenaBocoran purwarupa smartphone beyond, yang merupakan kode nama untuk Samsung Galaxy S10

KOMPAS.com - Kabar burung soal Samsung yang menghilangkan pemindai iris di Galaxy S10 semakin santer. Seorang sumber dalam mengonfirmasi jika Samsung akan tetap menggunakan pemindai sidik jari sebagai kunci keamanan biometrik.

Rumor itu sejatinya sudah terdengar sejak awal tahun ini. Untuk diketahui, iris scanner digunakan untuk mengenali iris mata pengguna, menggunakan sensor kamera infrared. Fitur ini digunakan untuk membuka kunci smartphone.

Samsung pertama kali mengaplikasikan teknologi ini pada Galaxy Note 7 (2016). Sejak saat itu, lini Galaxy setelahnya yakni Galaxy S8, Galaxy Note 8 Galaxy S9 da Galaxy Note 9 juga menggunakan teknologi yang sama.

Tidak diketahui pasti apa alasan Samsung menghilangkan sensor iris scanner ini. Tapi dengan mendepak pemindai iris, Samsung akan semakin leluasa membuat layar dengan bingkai (bezel) semakin tipis.

Dengan bingkai sangat tipis, display tentu akan semakin luas dan mendukung pengalaman video dan gaming. Selain itu, teknologi pemindai sidik jari juga semakin berkembang hari ini.

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Senin (5/11/2018), teknologi pemindai sidik jari dalam layar akan mulai dipatrikan di trio model Galaxy S10 tahun depan. Teknologi ini memang sudah banyak disematkan vendor china, seperti Vivo dan Oppo yang menggunakan sensor Synaptic optic.

Baca juga: Samsung Patenkan Pemindai Sidik Jari di Layar, untuk Galaxy S10?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya, Samsung akan menggunakan teknologi pemindai sidik jari dengan sensor ultrasonik yang dikembangkan Qualcomm untuk dua seri unggulan Galaxy S10. Sementara model lainnya, kemungkinan akan menggunakan optical display fingerprint atau sensor kunci di sisi samping perangkat.

Teknologi pemindai sidik jari ultrasonik diklaim lebih akurat dan aman dibanding pemindai sidik jari konvensional. Layaknya smartphone pemindai sidik ajri dalam layar lainnya, Samsung kemungkinan besar akan menempatkan sensor tersebut di bagian bawah panel OLED.

Produksi Galaxy S10 saat ini masih belum rampung. Maka dari itu, segala kemungkinan masih akan terjadi, termasuk apakan rumor ini benar atau tidak.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.