Galaxy Note 9 Bisa Jadi Komputer Desktop Tanpa Alat Tambahan - Kompas.com

Galaxy Note 9 Bisa Jadi Komputer Desktop Tanpa Alat Tambahan

Kompas.com - 08/11/2018, 20:33 WIB
Samsung DeX memberikan pengalaman menjajal PC dari Galaxy Note 9.Lulu Cinantya/kompas.com Samsung DeX memberikan pengalaman menjajal PC dari Galaxy Note 9.

SEOUL, KOMPAS.com - Liburan sambil bekerja bukan hal tabu di era internet, terutama bagi kreator konten seperti YouTuber atau selebgram. Pasalnya, mereka kerap “dituntut memamerkan” pengalaman dari hari ke hari selama melancong via media sosial.

Tak jarang para kreator konten harus tetap membawa laptop ke mana pun demi memuaskan netizen.

Michael Prajanto dari channel YouTube Nerd Reviews bercerita soal pengalamannya melancong sambil bekerja selama enam hari di Seoul, Korea Selatan, dengan berbekal Samsung Galaxy Note 9.

Salah satu inovasi teknologi yang membantunya adalah fitur Samsung DeX pada ponsel flagship tersebut.

Samsung DeX memungkinkan pengguna menghubungkan Galaxy Note 9 ke monitor atau televisi yang memiliki port HDMI sehingga bisa digunakan dengan layar lebar, berikut keyboard dan mouse layaknya komputer desktop.

Baca juga: Baterai dan Memori Galaxy Note 9 Janjikan Liburan Anti-ruwet

“Sepengalaman gue, Samsung DeX sangat promising buat orang yang kerja kantoran, bikin presentasi, update proposal, mengelola konten Instagram, dan multitasking ringan pada umumnya,” ia menuturkan.

Michael cukup membawa kabel HDMI, lantas menyambungkan Galaxy Note 9 miliknya ke televisi yang tersedia di hotel selama di Seoul. Dari layar besar tersebut, ia bisa menyunting video pendek untuk diunggah ke Instagram Stories dengan lebih nyaman.

“Saat liburan dan nggak bawa laptop, DeX tetap bisa memberikan pengalaman mirip PC sebaik mungkin di layar besar hanya dengan bermodalkan smartphone, display adapter, dan keyboard atau mouse wireless,” kata dia.

Baca juga: Galaxy Note 9 Gantikan Kamera Profesional dan Laptop Selama Liburan

“Jujur, rasanya mantap kalau liburan pun kita bisa ngantongin PC (komputer desktop) ke mana-mana, dan mengubah TV apa saja jadi PC,” ia menambahkan.

Tak butuh "dock"

Namun, untuk penyuntingan video yang lebih kompleks, Michael mengaku masih membutuhkan laptop. Pasalnya, belum ada aplikasi mobile yang kemampuannya setara dengan aplikasi video editing di PC.

“Untuk pengeditan video YouTube dengan standar Nerd Reviews masih tetap harus pakai laptop,” ujarnya.

Dulu, ketika Dex pertama kali diperkenalkan, ponsel Samsung membutuhkan perangkat terpisah berupa docking Dex Pad atau Dex Station untuk bisa dihubungkan ke monitor.  Smartphone pun tak bisa difungsikan sementara tampilan layarnya pindah ke desktop.

Namun masalah itu sekarang sudah diatasi di Galaxy Note 9 yang menyediakan aplikasi DeX secara default.  Berbeda dari sebelumnya, Galaxy Note 9 tak membutuhkan Dex Pad atau Station untuk bisa disulap menjadi komputer desktop.

Baca juga: Apa Yang Baru dari Samsung Galaxy Note 9?

Pengguna cukup menghubungkan Galaxy Note 9 ke monitor atau televisi melalui adapter HDMI ke USB type-C. Kemudian, aksesori keyboard dan mouse bisa dihubungkan ke Galaxy Note 9 secara nirkabel melalui Bluetooth.

Pengalaman DeX pun akan langsung terasa. Ketika tampilan layar ponsel sedang ditampilkan di monitor, layar Galaxy Note 9 masih tetap bisa dioperasikan secara terpisah.

Simak perjalanan KompasTekno menelusuri kota Seoul dalam program " TechTrip" hasil kerja sama Kompas.com dan Samsung Indonesia di video berikut ini.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X