Tren Mode Gelap, Microsoft Malah Siapkan Tema Cerah Windows 10

Kompas.com - 18/11/2018, 11:16 WIB
Microsoft menyiapkan sebuah tema cerah untuk sistem operasi Windows 10 besutannya. The VergeMicrosoft menyiapkan sebuah tema cerah untuk sistem operasi Windows 10 besutannya.
|

KOMPAS.com - Jika Google akhir-akhir ini tengah gencar merilis tema gelap untuk aplikasinya, berbeda halnya dengan Microsoft. Raksasa teknologi ini justru menyiapkan sebuah tema cerah dengan warna terang yang dominan untuk sistem operasi Windows 10.

Tema cerah atau "light theme" diumumkan Microsoft lewat blog resminya. Tema ini dijanjikan akan hadir pada pembaruan besar Windows 10 berikutnya yakni sekitar bulan April 2019 mendatang.

Kendati demikian tema cerah ini sudah dapat dinikmati pengguna lewat Windows Insider.

"Sejak kami perkenalkan fitur untuk memilih warna terang dan gelap di Windows 10, kami telah mendengar banyak masukan yang meminta agar dua opsi ini dipisahkan," tulis Microsoft di blog resminya.

"Saat Anda memperbarui Windows 10 ke build ini, sistem tidak akan berubah secara otomatis ke tema cerah. Ini karena kami ingin Anda sendiri yang menentukan. Kami meninggalkan pilihan di tangan Anda," imbuh Microsoft.

Sesuai dengan namanya, ketika light theme diaktifkan, maka semua warna yang ada pada panel Windows 10 akan berubah menjadi lebih terang. Namun jika pengguna tidak menyukai tema ini, pengguna dapat mengaktifkan kembali tema gelap yang telah ada sebelumnya.

Baca juga: “Mode Gelap” YouTube Sudah Tersedia di Semua Perangkat Android

Untuk memilih tema cerah maupun tema gelap, pengguna cukup masuk ke opsi Settings. Pengguna bisa mengaktifkannya di build Insider dengan membuka Settings kemudian pilih opsi Personalization dan themes, lalu memilih "Windows Light".

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (17/11/2018), dalam pembaruan dengan nama kode 19H1 ini Microsoft juga menambahkan beberapa wallpaper default baru yang mendukung tema cerah tersebut.

Update ini juga mencakup beberapa perbaikan fitur seperti pembaruan untuk snipping tool, pembaruan untuk aplikasi pencetakan, dan jam cerdas agar Windows tidak melakukan reboot secara acak.

Baca juga: Update Besar Windows 10 Meluncur Oktober, Apa Saja yang Berubah?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X