Kompas.com - 26/11/2018, 12:55 WIB

KOMPAS.com - Perang jumlah kamera yang dipatrikan ke smartphone semakin ramai. Beberapa vendor telah menelurkan smartohone dengan total lima kamera. Rencana LG terbaru turut menambah sengit "perang" jumlah kamera mobile.

Vendor asal Korea Selatan itu berencana membuat smartphone yang menanamkan 16 lensa dalam satu kamera belakang.

Petunjuk ini terendus dalam sebuah bocoran paten yang didaftarkan ke Badan Urusan Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Dalam paten tersebut, disebutkan bahwa LG akan menjejalkan 16 lensa dalam satu kamera yang kemungkinan yang akan menjadikannya hexadecimal-camera.

Ada beberapa skema yang dipatenkan. Tata letak semua kamera berbentuk lengkung. Kemungkinan, penempatan tersebut dimaksudkan untuk menangkap gambar dari beberapa perspektif berbeda, bahkan bisa mensimulasi gerakan dari gambar taktis.

Dalam patennya, kamera diperkirakan bisa lebih mudah mengganti obyek foto. Sebab, kamera ponsel akan menangkap lebih banyak informasi tentang obyek dalam tiga dimensi dibanding hanya dalam dua dimensi.

Cara mengganti obyek foto adalah dengan memangkas beberapa bagian, kemudian dipindah ke gambar yang ditangkap oleh lensa lainnya. Kemungkinan, pengguna juga bisa mengombinasikan beberapa bagian foto yang berbeda secara bersamaan.

Dari skema paten, pengguna bisa memilih bagian atas atau kepala obyek untuk diubah posisinya sesuai yang diinginkan. Ketika bagian kepala dipilih, fungsi pengenal wajah akan diaktifkan. Kemudian, memori perangkat akan menganalisa dan mencari bentuk kepala yang mirip yang telah ditangkap sebelumnya.

Paten LG menyebut salah satu fitur dari 16 lensa yang terpasang adalah bisa digunakan untuk memindahkan obyek foto.Lets Go Digital Paten LG menyebut salah satu fitur dari 16 lensa yang terpasang adalah bisa digunakan untuk memindahkan obyek foto.

Beberapa efek tambahan kemungkinan besar juga akan ditambahkan. Paten juga menyebutkan bagaimana cermin dan lampu flash akan ditempatkan secara terpisah di bawah hexadecimal-camera untuk menyinari subyek dan melakukan selfie dengan kamera belakang dibanding dengan kamera depan.

Tidak disebutkan detail lensa yang akan disematkan. Namun dokumen menyebut bahwa kamera utama lebih baik dibanding kamera depan. LG tetap mempertahankan kamera depan karena akan berguna dalam beberapa kasus, seperti panggilan video.

Baca juga: Xiaomi, Lenovo, dan Huawei Dikabarkan Gaet LG untuk Bikin Ponsel Lipat

Dokumen juga mejabarkan kemungkinan integrasi touchpad atau layar di belakang. Dilansir KompasTekno dari Let's Go Digital, Senin (26/11/2018), teknologi kamera ini akan disematkan ke desain smartphone yang benar-benar anyar seperti ponsel lipat atau ponsel flip.

Meski LG telah mendaftarkan paten ini, sayangnya, tak semua paten yang diajukan akan terwujud. Namun ke depannya, sektor kamera akan mejadi sektor penting dalam memilih smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.