Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo R19 Dikabarkan Bakal Jadi Ponsel Pertama dengan Chip Helio P80

Kompas.com - 29/11/2018, 16:31 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina


KOMPAS.com - Setelah Helio P70 hadir perdana di Realme U1, System-on-Chip (SoC) penerusnya dari MediaTek, Helio P80, kabarnya juga akan melakukan debut di ponsel besutan Oppo, yakni R19.

Oppo R19 merupakan smartphone kelas menengah yang disinyalir akan meluncur pada kuartal pertama 2019 mendatang.

Sementara itu, Helio P80 diduga adalah calon chip baru MediaTek yang diproduksi dengan proses fabrikasi 12nm di Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Di dalamnya tertanam delapan inti CPU (octa core). Arsitektur CPU berikut pengolah grafis (GPU) di Helio P80 diprediksi akan tetap sama dengan Helio P70.

Baca juga: Realme U1 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harganya

Spekulasi awal yang beredar menyebutkan bahwa Helio P80 bakal memiliki kinerja pengolahan tugas-tugas terkait kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (29/11/2018).

Bahkan, sebuah bocoranpengukuran kinerja lewat aplikasi AI Benchmark sempat menunjukkan bahwa Helio P80 memiliki kinerja AI lebih tinggi dari chip kelas atas Kirin 980 besutan Huawei, meski hal ini masih perlu diverifikasi kebenarannya.

Oppo sebelumnya sempat memakai chip MediaTek Helip P60 di ponsel R15 yang meluncur di awal tahun ini. Namun, R17 yang menyusul hadir di paruh kedua 2018 malah beralih menggunakan chip Snapdragon 670 dari Qualcomm.

Boleh jadi MediaTek sudah meningkatkan kinerja chip besutannya di Helio P80 sehingga kembali berhasil memperoleh order dari Oppo untuk R19 tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com