YouTube Rilis Rewind 2018, Ada SkinnyIndonesian24 dan Gen Halilintar - Kompas.com

YouTube Rilis Rewind 2018, Ada SkinnyIndonesian24 dan Gen Halilintar

Kompas.com - 07/12/2018, 10:02 WIB
YouTube Rewind 2018YouTube YouTube Rewind 2018

KOMPAS.com - YouTube Rewind kembali hadir di penghujung tahun ini. Video Rewind menjadi tradisi tahunan YouTube menjelang akhir tahun yang menampilkan kompilasi trending sepanjang tahun serta YouTuber populer di dunia.

Video dibuka dengan aktor dan rapper kawakan Will Smith dan disambung dengan YouTuber pengulas gadget Marques Brownlee di dalam sebuah bus dengan gerombolan YouTuber lainnya.

Tahun ini, YouTube Rewind mengusung tema Fortnite dengan judul Everyone Controls Rewind. Video diramaikan sejumlah YouTuber populer, seperti Casey Neistat, Lilly Singh, dan Liza Koshy. Ada dua YouTuber Indonesia ikut bergabung.

Mereka adalah dua kakak beradik Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez melalui kanal mereka Skinnyindonesian24. Keduanya muncul di detik 4:16 dengan mempromosikan program "kuliah gratis dengan beasiswa da lopez".

Baca juga: YouTube Punya Fitur Serupa Intagram Stories

Progam ini diluncurkan tahun lalu, dengan memberikan tiga beasiswa kuliah di perguruan tinggi negeri bagi mereka yang membutuhkan. Melalui kanal Skinnyindonesian24, Andovi dan Jo telah mengumumkan pemenangnya.

Selain Skinnyindonesian24, keluarga fenomenal Gen Halilintar juga mendapat porsi di YouTube Rewind global. Pasangan suami-isteri Halilintar Anofial Asmid dan Lenggogeni Faruk muncul di menit 4:55.

"Kita adalah keluarga, kita adalah tim", ucap mereka dalam Bahasa Indonesia.

Absen kontroversi

Tahun ini, nama-nama YouTuber yang menjadi buah bibir setahun belakangan, seperti Logan Paul dan PewDiePie tampak absen. Logan masih muncul di YouTube Rewind tahun lalu.

Kemungkinan, kontroversi videonya yang menampilkan mayat bunuh diri di hutan Aokigahara Jepang, menjadi alasan absennya Logan. Sementara tahun 2018 juga menjadi tahun kedua PewDiePie tidak "nimbrung" di YouTube Rewind.

Di tengah-tengah video, para YouTuber berkumpul untuk mendiskusikan apa yang harus tampil di YouTube Rewind tahun ini. Secara umum, mereka memilih hal-hal positif yang layak tampil di YouTube Rewind.

Ini mungkin menjadi pesan yang ingin disampaikan YouTube kepada para penonton dan pengiklannya, mengingat tahun ini beberapa video populer menjadi kontroversi yang berbuah kritikan tentang kebijakan monetisasi YouTube.

Baca juga: Terjawab, Teka-teki Absennya Awkarin dan Edho Zell di YouTube Rewind

Tahun ini, agaknya YouTube Rewind memperbanyak porsi percakapan antar YouTuber dengan bahasa asal masing-masing, dibanding tahun lalu yang lebih menekankan sinematografi dan video mash-up.

Beberapa selebriti lain yang muncul di YouTube Rewind adalah Trevor Noah, John Oliver, dan Marshmello.

Tak ketinggalan, Kiki Challenge dengan lagu khas "My Feelings" juga memeriahkan YouTube Rewind 2018. Penasaran bagaimana video YouTube Rewind 2018? Silakan simak di tautan berikut.



Close Ads X