Browser Microsoft Edge Bakal Pakai Mesin Serupa Chrome

Kompas.com - 10/12/2018, 08:39 WIB
Tampilan browser Edge di Windows 10 MicrosoftTampilan browser Edge di Windows 10

KOMPAS.com - Peramban Microsoft Edge memang tak sepopuler Firefox buatan Mozilla atau Chrome bikinan Google. Belakangan, Microsoft mencoba untuk merombak Edge.

Salah satunya adalah dengan cara membangun kembali browser Edge menggunakan mesin Chromium, mesin peramban open-source yang juga digunakan oleh Google Chrome.

Dengan kata lain, nantinya Edge akan didukung oleh mesin Blink dan V8 JavaScript.

"Tujuan utamanya, kami ingin membuat pengalaman web yang lebih baik untuk beragam pengguna," jelas Vice President Windows, Joe Belfiore.

Ia menjanjikan peningkatan kemampuan Edge dengan semua situs web yang akan lebih hemat baterai serta integrasi hardware di semua perangkat Windows. Untuk memperjelas, Microsoft Edge masih tetap akan ada dengan nama tersebut. Hanya saja, nantinya Microsoft Edge akan lebih stabil dengan perubahan ini.

Belum jelas apa yang menjadi alasan sebenarnya keputusan Microsoft ini. Namun jka dilihat secara adopsi, Edge tertinggal sangat jauh dari Chrome yang merajai pangsa pasar peramban setahun ini.

Dari data StatCounter, pangsa pasar Chrome untuk peramban desktop mencapai 72,38 persen, sementara Microsoft Edge hanya 4 persen. Microsoft pun telah melakukan beberapa perbaikan demi meningkatkan performa Edge, namun agaknya target itu belum terpenuhi.

Baca juga: Microsoft Siapkan Peramban Serupa Chrome sebagai Pengganti Edge

Harapannya, dengan membangun Edge menggunakan Chromium akan mengatasi masalah yang selama ini dikeluhkan Edge, salah satunya tentang kecepatan. Dilansir KompasTekno dari The Verge, Senin (10/12/2018), Microsoft juga mendapat desakan dari para pebisnis untuk memoderinasasi peramban yang dulunya bernama Internet Explorer ini.

Sebab, banyak di antara mereka yang memiliki perangkat yang berjalan di Windows 7 dan Windows 8, sementara Microaoft Ege didesain untuk Windows 10. Edge akan menjadi executable Chromium di semua versi Windows yang berarti Microsoft bisa memperbaruinya lebih sering dibanding sebelumnya.

Belum diketahui apakah pembaruannya akan periodik secara bulanan atau tidak, namun pastinya tidak harus menunggu pembaruan mayor dari Windows lagi.

Kabar ini juga menjadi berita baik untuk para developer yang kebanyakan menggunakan desktop Mac untuk mengembangkan situs, namun tidak ada Edge terpasang di perangkatnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X