2 Tahun "Reborn", Ponsel Nokia Sudah Terjual 70 Juta Unit

Kompas.com - 10/12/2018, 10:32 WIB
Nokia IstNokia

KOMPAS.com - HMD Global, selaku vendor ponsel Nokia, mengklaim perangkatnya telah terjual 70 juta unit selama 2 tahun merek Nokia kembali ke pasar smartphone. Informasi ini disampaikan di acara peluncuran Nokia 8.1, Kamis (6/12/2018) kemarin.

Angka tersebut diketahui berasal dari penggabungan penjualan feature phone, ponsel standar seperti Nokia 106 dan 3310 4G, serta lini smartphone, seperti Nokia 6, 6.1, dan 7.1.

Menariknya, sebanyak 56 juta dari perangkat yang terjual tersebut, atau sekitar 80 persennya, diboyong oleh pengguna laki-laki umur 35 tahun ke atas.

Hal ini mengindikasikan bahwa brand Nokia memang melekat di benak segmen umur tersebut, umur yang sebelumnya pernah merasakan kejayaan Nokia di tahun 1990-an hingga 2000-an.

Dengan tertolongnya penjualan ponsel Nokia itu oleh "Generasi Z", yakni masyarakat yang lahir di transisi antara kedua tahun tersebut, HMD mengklaim terjadi peningkatan yang signifikan terkait pertumbuhan penjualan.

Baca juga: Nokia 8.1 Resmi Meluncur, Harga Rp 6 Jutaan

Saat ini saja, HMD Global yang mempopulerkan kembali Nokia 3310 itu sudah menjadi perusahaan raksasa nomor 5 di kawasan Eropa.

Dilansir dari KompasTekno dari PhoneArena, Senin (10/12/2018), pencapaian menuju 5 teratas itu sebagian besar dikontribusi oleh Nokia 6.1, yang diklaim HMD Global sebagai ponsel paling laku di pasar ponsel menengah.

Namun, Nokia 7.1 Plus dan Nokia 3.1 juga diklaim sangat populer di kalangan masyarakat pada segmentasi pasar yang sama, meski kepopulerannya kalah dari Nokia 6.1.

Melihat ramainya antusias pengguna ponsel Nokia di pasar mid-range ini, HMD Global disebut bakal terus agresif mengembangkan ponsel dengan kisaran harga 300  Euro (Rp 4,9 juta) sampai 400 Euro (Rp 6,6 juta).

Pabrikan asuhan Florian Seiche ini bahkan disebut akan menyicip pasar baru, seperti gaming, dengan kampanye e-sports lewat perangkat teranyar Nokia 7.1 dan Nokia 8.1.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X