Kompas.com - 10/12/2018, 14:21 WIB
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf


KOMPAS.com - Setelah tampak di beberapa bocoran, ponsel Android One besutan vendor China Xiaomi, Mi A1, akhirnya mulai mendapat pembaruan sistem operasi teranyar, Android 9.0 Pie.

OS tersebut datang lewat pembaruan software yang memiliki ukuran 1.074 MB dan membawa sejumlah fitur baru ala Android 9.

Misalnya, ada fitur adaptive battery dan adaptive display untuk mengatur pemakaian baterai dan tingkat kecerahan layar berdasarkan situasi penggunaan.

Ada pula fitur perdana Google, digital wellbeing, yang berfungsi untuk mengatur durasi penggunaan ponsel berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan pengguna.

Ilustrasi OTA MiA1 PieGizmochina Ilustrasi OTA MiA1 Pie

Dukungan untuk FM Radio diketahui juga digulirkan di pembaruan ini bersama dengan navigasi antar-muka dan menu kontrol volume anyar.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi Mi A2, Mi A2 Lite, dan Mi A1

Update Android Pie pertama kali dilaporkan oleh pengguna Mi A1 di Bangladesh, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (10/12/2018).

Diperkirakan pembaruan ini akan menyapa para pengguna Xiaomi Mi A1 di negara-negara lain secara bertahap.

Notifikasi akan diberikan apabila update sudah tersedia. Untuk mengecek secara manual, buka menu Settings > About > Software Update di Mi A1.

Saat pertama kali meluncur pada September tahun lalu, Mi A1 menjalankan OS Android 7.0 Nougat yang kemudian diperbarui ke Android 8.0 Oreo. 

Ponsel-ponsel Android One mendapat jaminan update software selama dua tahun. Sebab itu pula, Xiaomi Mi A1 pun kali ini mendapat pembaruan ke Android 9.0 Pie. 

Dua penerus Xiaomi Mi A1, yakni Mi A2 dan Mi A2 Lite, diketahui telah lebih dulu mendapat pembaruan Android 9.0 Pie bulan lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.