2019, Smartphone Huawei Bakal Mantapkan Posisi di Atas Apple

Kompas.com - 28/12/2018, 06:57 WIB
Ilustrasi HuaweiIstimewa Ilustrasi Huawei

KOMPAS.com - Di tengah konflik dagang China dan Amerika yang menghangat, Huawei justru semakin dekat melampaui penjualan ponsel Apple ( iPhone) untuk pertama kalinya.

Pada 2019 mendatang, pabrikan asal China ini kemungkinan akan bercokol di atas Apple selama setahun penuh, sehingga mengukuhkan posisinya sebagai pabrikan smartphone terbesar kedua di dunia.

Tanda-tandanya sudah mulai terlihat, seperti angka pengiriman 200 juta ponsel sepanjang tahun 2018 yang dbelakangan diumumkan oleh Huawei.

Baca juga: Huawei Kirim 200 Juta Ponsel Sepanjang 2018

Huawei juga menyalip posisi Apple sebagai pabrikan smartphone terbesar kedua pada kuartal kedua 2018 bulan April-Juni, menurut laporan firma riset pasar IDC. Posisi baru Huawei itu bertahan hingga kuartal ketiga 2018 yang berakhir bulan September.

Meski data kuartal keempat dan total market share sepanjang 2018 masih belum bisa dikalkulasi, agaknya hanya tinggal tunggu waktu saja sebelum Huawei benar-benar melewati Apple.

Dirangkum KompasTekno dari Asia Nikkei, Jumat (28/12/2018), selama tahun 2017, Apple mencatat penjualan ponselnya sebanyak 215,8 juta unit, terpaut sedikit dari rekor Huawei saat ini.

Penjualan ponsel Huawei mengalami pertumbuhan signifikan di wilayah China, Eropa, dan Afrika pada tahun 2018. Secara global, pertumbuhan penjualan ponsel Huawei naik 30 persen dari 153 juta unit tahun lalu.

Flagship idola

Jajaran "flagship" seperti Huawei P20 terbukti menjadi magnet dan idola baru pecinta smartphone dengan menawarkan inovasi triple-camera, bekerja sama dengan Leica.

Huawei mengklaim seri P20 terkirim lebih dari 16 juta unit sejak mulai tersedia pada bulan Maret lalu. Flagship berikutnya, seri Mate 20, diklaim mencatat pengiriman sebanyak lima juta unit hanya dalam waktu dua bulan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X