Samsung Bikin Layar Ponsel yang Bisa Jadi Speaker

Kompas.com - 02/01/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi Samsung Sound on Display SlashgearIlustrasi Samsung Sound on Display

KOMPAS.com - Raksasa ponsel Korea Selatan, Samsung, disinyalir bakal memboyong panel OLED yang bisa menghasilkan output suara. Fungsinya bakal menggantikan speaker.

Hal tersebut digadang-gadang untuk menciptakan layar ponsel yang benar-benar tanpa bezel dan full screen dengan mengubah fungsi speaker fisik.

Panel Samsung yang bertajuk Sound on Display (SoD) ini katanya bakal dipamerkan di ajang pameran teknologi CES 2019 pada Januari ini.

Sebelumnya, Samsung sudah memperkenalkan teknologi ini Oktober silam, namun belum dipamerkan secara komersil.

Panel OLED SoD yang sempat dikenalkan beberapa bulan lalu itu dimanufaktur oleh Samsung Display, divisi yang terfokus untuk membuat layar.

Dengan kata lain, mungkin saja mekanisme suara dari layar ini bisa diadaptasi di ponsel vendor lain, yang menggunakan panel OLED Samsung, tak terkecuali perangkat TV juga bakal ikutan usung teknologi SoD.

Baca Juga: Samsung Galaxy S10 Versi 5G Hanya Akan Hadir di Dua Negara Ini?

Terkait mekanisme suara, cara kerja SoD ini bisa dibilang cukup sederhana. Komponen SoD yang ditanamkan tepat di bawah layar nantinya akan menghantarkan suara lewat sebuah getaran.

Tak hanya lewat panel saja, getaran ini juga akan dialirkan melalui rangka ponsel, sehingga menimbulkan suara.

Teknologi suara yang tertanam di panel ini juga bukan tergolong baru, dan Samsung bukan merupakan vendor pertama yang mengadopsinya.

Lewat Mi Mix, Xiaomi mengawali tren suara dari layar ini dengan menyematkan speaker tipe piezoelectric, dengan mekanisme kerja yang identik dengan SoD untuk menghantarkan suara ke telinga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber SlashGear
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X