Huawei Mate 30 Pro Bakal Punya 5 Kamera?

Kompas.com - 07/01/2019, 06:57 WIB
Bagian belakang Huawei Mate 20 (kanan) dan Mate 20 Pro. Terlihat pemindai sidik jari konvensional berbentuk bundar di punggung Mate 20. Sementara, Mate 20 Pro sudah memiliki in-display fingerprint scanner yang tertanam di layar. KOMPAS.com/ BILL CLINTENBagian belakang Huawei Mate 20 (kanan) dan Mate 20 Pro. Terlihat pemindai sidik jari konvensional berbentuk bundar di punggung Mate 20. Sementara, Mate 20 Pro sudah memiliki in-display fingerprint scanner yang tertanam di layar.

KOMPAS.com - Huawei dikabarkan telah mendaftarkan sebuah paten ke Lembaga Kekayaan Intelektual Nasioan di China (CNIPA).

Dalam paten itu tampak gambar render casing yang diyakini sebagai seri Huawei Mate, bukan seri Huawei P- yang juga kabarnya juga sedang dipersiapkan. Dugaan itu muncul dari posisi kamera.

Selama ini, seri Huawei Mate selalu meletakkan susunan kamera belakangnya di tengah punggung, berbeda dengan Huawei P-series yang tersusun di pinggir.

Baca juga: Membandingkan Huawei Mate 20 dengan Mate 20 Pro, Apa Saja Bedanya?

Spekulasi yang berkembang dari render ini adalah kemungkinan terpasangnya penta-camera alias lima lensa yang bakal tersusun di belakang.

Hal itu dilihat dari ukuran lubang di punggung perangkat yang lebih luas dibanding seri Huawei Mate 20 Pro yang menyematkan tiga kamera yang tersusun secara "letter L".

Bocoran render casing Huawei Mate 30 ProGSM Arena Bocoran render casing Huawei Mate 30 Pro

Selain "jendela" kamera belakang, render dari paten tersebut juga menimbulkan pertanyaan tentang potongan pada bagian atas perangkat. Sebagian pihak mengira bahwa potongan tersebut akan digunakan sebagai colokan jack audio yang absen di Mate 20 Pro.

Namun ditilik dari pendahulunya, Huawei tidak lagi menyematkan colokan jack audio, baik di lini Mate atau P-series. Kemungkinan lain, potongan tersebut akan digunakan sebagai rumah sensor IR blaster, namun bisa juga digunakan untuk fungsi lain.

Satu lagi, potongan halus di sisi dahi perangkat diperkirakan akan menjadi lokasi speaker, sehingga diyakini Huawei Mate 30 Pro nantinya akan menggunakan lubang kamera di bagian depan.

Kemungkinan, Huawei Mate 30 Pro akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2019, sebagaimana jadwal peluncuran Huawei Mate 20 Pro Oktober lalu. Paling dekat, Huawei kabarnya akan meluncurkan Huawei P30 pada paruh pertama tahun ini.

Baca juga: Peredaran Ponsel Huawei P20 Pro di Indonesia Akan Dikurangi

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Senin (7/1/2019), Huawei P30 akan mengusung empat kamera secara vertikal, yang kemungkinan susunannya akan mirip dengan Samsung Galaxy A9.

Kamera Huawei P30 nantinya disebut akan didukung sensor Sony IMX607. Sementara bagian depan, kabarnya akan tersemat dew-drop notch yang lebih mungil dibanding poni lebar milik Huawei P20 Pro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X