YouTube Uji Coba Fitur "Tag" untuk Rekomendasi Video

Kompas.com - 17/01/2019, 12:42 WIB
Ilustrasi YouTubeIst Ilustrasi YouTube

KOMPAS.com - YouTube tengah menguji coba fitur baru untuk menyodorkan rekomendasi video melalui serangkaian " tag" di bawah video yang tengah ditonton.

Keberadan tag yang dikelilingi lingkaran (tag bubble) berwarna biru ini diketahui dari screenshot yang beredar di dunia maya.

Berdasarkan screenshot, setiap bubble akan mewakili topik yang berhubungan dengan video yang sedang ditonton oleh pengguna YouTube.

Baca Juga: Nonton Video YouTube Bakal Seperti Instagram Stories

Dengan meng-klik salah satu bubble, pengguna bakal disodori video-video yang terkait dengan tag tersebut.

Deretan tag yang tampil ini boleh dibilang bisa berupa video terkait lain dari channel yang sedang ditonton, atau video dengan topik serupa di YouTube.

Ilustrasi YouTube Recommendation BubbleTheVerge Ilustrasi YouTube Recommendation Bubble

Tag rekomendasi bisa juga berasal dari dari algoritma YouTube untuk para pengguna, seperti pada tag "For You", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (17/1/2019).

Tag video rekomendasi sedang diujicoba di segelintir kalangan pengguna YouTube. Belum diketahui apakah fitur ini nantinya akan digulirkan secara meluas ke pengguna umum atau tidak.

Sebelumnya, YouTube sendiri telah memiliki fitur rekomendasi seperti yang tampil pada sisi kanan (PC) atau di bagian bawah video player (mobile) YouTube, bertajuk "Recommended for you" yang bisa dimainkan secara otomatis.

Baca juga: YouTube Larang Video "Prank" dan "Challenge" yang Membahayakan

Namun, berdasarkan beberapa keluhan pengguna, algoritma rekomendasi pada fitur ini disebut masih belum bisa memprediksi video apa saja yang benar-benar berhubungan dengan video yang sedang ditonton.




Close Ads X