Facebook Ketahuan Bayar Pengguna Muda untuk Serahkan Data Pribadi

Kompas.com - 31/01/2019, 07:06 WIB
Ilustrasi Facebook JOSH EDELSON / AFPIlustrasi Facebook
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Facebook kembali tersandung isu privasi. Setelah skandal Cambridge Analytica tahun 2018 lalu, belakangan Facebook ketahuan telah memata-matai aktivitas sejumlah pengguna melalui ponselnya dengan iming-iming bayaran sejumlah uang.

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini diketahui memberi imbalan pada para pengguna berusia 13 sampai 35 tahun sebesar 20 dollar AS (Rp 282.000) per bulan. Sebagai gantinya, pengguna tersebut harus rela aktivitas dan data pribadinya dipantau oleh Facebook.

Data yang diambil berupa aktivitas pencarian di website, informasi lokasi, pesan pribadi (DM) di aplikasi media sosial, dan beberapa data lainnya.

Baca juga: 20 Skandal Facebook Sepanjang Tahun 2018

Aktivitas membayar pengguna untuk memata-matai aktivitas dan data pribadi mereka sudah dilakukan oleh Facebook setidaknya sejak tahun 2016 lalu.

Facebook mengambil data para pengguna tersebut melalui sebuah aplikasi VPN di untuk iOS dan Android yang bernama "Facebook Research". Para peserta yang bersedia informasi pribadinya ditukar dengan uang, diharuskan memasang aplikasi ini di ponselnya.

Bahkan menurut spesialis keamanan Guardian Mobile Firewall, Will Strafach, para pengguna bahkan diminta untuk membuat screenshot halaman yang menunjukkan apa saja yang mereka pesan dari situs e-commerce Amazon.

Mengintip trafik

Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (30/1/2019), aplikasi Facebook Research bekerja dengan cara mengintip trafik jaringan lewat root access.

Dengan demikian, Facebook pun bisa memantau dan menganalisa aktivitas pengguna di internet lewat ponselnya.

Mekanisme aplikasi Facebook Research ini serupa dengan aplikasi bernama Onavo Protect -juga milik Facebook- yang telah diblokir dari App Store oleh Apple.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber TechCrunch
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X