Setelah Facebook, Apple Blokir Aplikasi Internal Google di iPhone

Kompas.com - 02/02/2019, 16:26 WIB
Aplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube. IstAplikasi-aplikasi Google, termasuk Chrome, Gmail, Maps, Drive, dan YouTube.

KOMPAS.com - Setelah memblokir aplikasi internal Facebook di perangkat berbasis iOS, Apple kali ini melakukan hal yang sama terhadap Google. (Baca juga: Apple Blokir Aplikasi Internal Facebook di iOS)

Apple mulai memblokir akses Google untuk mendistribusikan aplikasi internal perusahaan tersebut ke para pegawai Google.

Aplikasi bernama "Screenwise Master" yang diluncurkan tahun 2012 silam ini untuk sementara diblokir penggunaan dan penyebarannya oleh Apple.

Aplikasi ini mengajak pengguna usia 18 tahun ke atas untuk mendapatkan hadiah berupa gift card  sebagai imbalan untuk Google mengawasi dan menganalisis data pribadi.

Serupa dengan kasus Facebook, langkah ini dilakukan Apple setelah terkuaknya laporan bahwa Google juga melanggar sertifikat program korporasi. Sertifikat tersebut memungkinkan pengembang mengedarkan aplikasi di luar App Store yang sejatinya untuk tujuan internal.

Dilaporkan Tech Crunch, sebagaimana KompasTekno rangkum, Sabtu (2/2/2019), Google mengatakan telah menyetop aplikasi tersebut.

"Kami bekerja sama dengan Apple untuk memperbaiki masalah sementara bagi beberapa aplikasi iOS di korporasi kami, mudah-mudahan bisa teratasi segera," jelas perwakilan Google.

Hal senada juga dikatakan perwakilan Apple, bahwa pihaknya akan membantu Google untuk mendapatkan kembali sertifikat yang telah dicabut.

"Kami bekerja sama dengan Google untuk mengembalikan sertifikat korporasi mereka dengan cepat," jelas perwakilan Apple.

Aplikasi Screewise Master di perangkat iOS yang telah diblokir AppleTech Crunch Aplikasi Screewise Master di perangkat iOS yang telah diblokir Apple

Google sendiri telah mengakui jika perusahaannya melanggar perjanjian sertifikat program korporasi.

"(Aplikasi ini) seharusnya tidak beroperasi di bawah program pengembangan korporasi, ini merupakan kesalahan," aku Google.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X