Xiaomi Bakal Bikin Ponsel dengan 2 Lubang di Layar

Kompas.com - 07/02/2019, 11:58 WIB
Ilustrasi ponsel dengan layar berlubang LetsGoDigitalIlustrasi ponsel dengan layar berlubang

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel asal China, Xiaomi, mematenkan desain ponsel dengan layar berlubang.

Berbeda dengan Huawei Honor View 20 atau Samsung Galaxy A8s yang memiliki satu lubang di layarnya, Xiaomi justru disinyalir bakal menerapkan dua lubang untuk kamera di dalam layar ponsel besutan mereka.

Informasi ini tersebar di dunia maya melalui situs LetsGoDigital yang melampirkan bocoran terkait paten Xiaomi untuk lubang di dalam layar atau yang biasa disebut "punch-hole display".

Dokumen beserta rancangan desain layar Xiaomi sendiri telah dirilis oleh kantor paten Dunia (WIPO) 29 Januari lalu.

Pada paten tersebut, Xiaomi mematenkan 24 rancangan ponsel layar lebar (full-screen) ditemani dengan dua "punch-hole" atau lubang di layar untuk kamera selfie.

Baca juga: Tren Layar Smartphone, dari Poni, Kamera Tersembunyi, hingga Lubang

Saat ini, ponsel yang diduga bakal memiliki dua lubang di layarnya adalah Samsung Galaxy S10 Plus. Kamera selfie pada ponsel tersebut ada dua dan disinyalir berdempetan secara horizontal dalam satu lubang.

Berbeda dengan Samsung Galaxy S10 Plus, ponsel Xiaomi nantinya bakal menerapkan kedua lubang tersebut secara terpisah, seperti tampak pada gambar ilustrasi di bawah ini.

Ilustrasi paten Xiaomi punch-hole displayLetsGoDigital Ilustrasi paten Xiaomi punch-hole display

Pada gambar tersebut, lubang di layar tampak diposisikan di sisi kiri dan kanan pada bagian atas ponsel yang dirancang dengan berbagai bentuk.

Pada gambar paling kiri, lubang kamera tampak tak disatukan dengan sensor lain. Lalu, ada lubang yang berbentuk "setengah kapsul". Ada pula lubang yang berbentuk kapsul.

Baca juga: Terbongkar, Ini yang Bikin Kamera Xiaomi Mi Mix 3 Terasa Kenyal saat Digeser

Lubang yang berbentuk setengah dan full kapsul ini kemungkinan dipadankan dengan sensor lain, seperti proximity atau lighting sensor atau mungkin LED flash.

Meski rancangan ponsel dengan layar berlubang dipamerkan Xiaomi, tak disebutkan ponsel dari lini apa yang akan mengusung desain demikian. Namun, desain dua lubang kamera selfie ini disinyalir bakal hadir di Mi Mix 4.

Sebab, ponsel Xiaomi dari lini Mi Mix biasanya mengusung layar lebar dengan rasio screen-to-body yang tinggi, seperti halnya Mi Mix 3, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (7/2/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X