Kenapa Harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia Lebih Mahal dari di India?

Kompas.com - 11/02/2019, 16:39 WIB
Model memamerkan smartphone Samsung Galaxy M20 dalam acara unboxing di Jakarta, Senin (11/2/2019).KOMPAS.com/ OIK YUSUF Model memamerkan smartphone Samsung Galaxy M20 dalam acara unboxing di Jakarta, Senin (11/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy M20 telah resmi melenggang di Indonesia. Ada satu varian yang tersedia, yakni RAM 3 GB dan media penyimpanan 32 GB. Harga Galaxy M20 di indonesia dibanderol Rp 2.799.000 di sejumlah e-commerce lokal.

Harga tersebut lebih mahal dibandingkan banderol Galaxy M20 RAM 3 GB penyimpanan 32 GB di India yang sebesar 11.000 rupee, atau sekitar Rp 2,1 juta. Bahkan lebih tinggi pula dari Galaxy M20 versi RAM 4 GB penyimpanan 64 GB, yang di India saja dihargai 13.000 rupee atau Rp 2,5 jutaan.

Senior Product Marketing Manager IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar tak menampik bahwa harga Samsung Galaxy M20 di Indonesia memang lebih mahal dibandingkan dengan India.

Perwakilan Samsung di tiap negara, katanya, punya kebijakan masing-masing dalam menentukan harga.

Baca juga: Membandingkan Galaxy M20, ZenFone Max M2, dan Redmi Note 6 Pro

"Samsung melihat kompetisi dengan (vendor) yang lain dan memutuskan untuk menjual Galaxy M20 dengan harga yang sekarang," ujar Selvia menjawab pertanyaan wartawan dalam sesi unboxing Samsung Galaxy M20 di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Selvia agaknya meyakini bahwa Samsung sebagai brand mampu memberikan kelebihan lain di luar unit perangkatnya sendiri

"Kami percaya Samsung punya layanan purnajual yang bagus. Bukan sekadar spesifikasi, tapi ada aspek lain juga yang kami pikirkan," lanjut dia.

Ponsel untuk jualan online

Dalam kesempatan yang sama, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ju Yong mengatakan bahwa ponsel seri Galaxy M tidak ditujukan sebagai pengganti lini Galaxy A dan Galaxy J yang sudah eksis sebelumnya. melainkan sebagai pelengkap.

Lebih spesifiknya, Galaxy M digadang-gadang menjadi andalan Samsung untuk penjualan onlie lewat toko-toko e-commerce di Indonesia.

Dari kiri ke kanan: Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ju Yong, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi, dan Senior Product marketing Manager IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Dari kiri ke kanan: Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Ju Yong, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Irfan Rinaldi, dan Senior Product marketing Manager IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia.

"Kami mendengar konsumen, jadi ini (Galaxy M) bukan pengganti, tapi tambahan. Kami lihat pasar online untuk smartphone di Indonesia itu besar," kata Yong.

Selvia mengamini pernyataan Yong. Dia menjelaskan lebih manjut bahwa Galaxy M memang ditujukan untuk "online SKU" alias produk yang mengandalkan penjualan secara daring.

Menurut Selvia, untuk mendorong mekanisme penjualan online ini, Samsung berencana menggelar "flash sale" untuk penjualan perdana Galaxy M20 pada 14-21 Februari mendatang.

Mekanismenya belum dipaparkan lebih lanjut, hanya disebutkan bahwa akan ada promo spesial dalam periode itu.

Baca juga: Setelah Galaxy M20, Galaxy M10 Akan Menyusul Masuk Indonesia

Galaxy M20 mengandalkan layar berdiagonal 6,3 inci (2.340 x 1.080 piksel) dengan aspect ratio 19,5:9 dan "poni" kecil yang memuat kaemra selfie 8 megapiksel.

Salah satu fitur andalannya adalah baterai 5.000 mAh yang diklaim membuat perangkat ini bisa menyala 28 jam (talktime) atau memutar video non-stop selama 17 jam.

Spesifikasi selebihnya dari Galaxy M20 mencakup chip Exynos 7904, RAM 3 GB, storage 32 GB,  serta kamera utama 13 megapiksel dan 5 megapiksel wideangle.

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.




Close Ads X