Sony Mulai Hentikan Produksi PS Vita

Kompas.com - 19/02/2019, 18:24 WIB
PS Vita baru hadir lebih ringan dan tipis EngadgetPS Vita baru hadir lebih ringan dan tipis

KOMPAS.com - Setelah kurang lebih delapan tahun, Sony mulai menghentikan produksi konsol handheld PlayStation (PS) Vita. Pabrik PS Vita di Jepang mulai memangkas beberapa model sedikit demi sedikit. 

Pada halaman resmi PlayStation Vita, hanya ada dua model yang masih akan didistribusikan. Masing-masing adalah PS Vita dengan nomor model PCH-2000 ZA11 berwarna hitam dan PS Vita dengan nomor model PCH-2000 ZA23.

Keduanya adalah versi terakhir PS Vita yang dikembangkan Sony. Dalam rincian katalog, dua model itu pun dipastikan segera disetop.

"Akan segera dihentikan," begitu tertulis pada kolom keterangan ketersediaan.

Baca juga: Sony Bakal Telantarkan PS Vita

Dikutip KompasTekno dari Gematsu, Selasa (19/2/2019), Sony sudah sejak tahun lalu mengumbar niatan untuk tak lagi membuat penerus PS Vita. Hal tersebut diutarakan langsung oleh Vice President Sony Interactive Entertaiment, Hiroyuki Oda.

Menurut Oda, distribusi PS Vita di wilayah Jepang berhenti total per Maret 2019. Tak diungkap apakah produksi di Eropa dan Amerika Serikat turut dihentikan atau tidak. Yang jelas, sejak akhir Mei 2018 lalu, Sony pun mulai memangkas distribusi kartu game fisik PS Vita.

Baca juga: Sony Hentikan Pembuatan Kartu Game PS Vita

Tanda-tanda kematian PS Vita memang sudah terendus sejak 2017. Presiden Sony Interactive Entertaiment America, Shawn Layden mengatakan penjualan konsol ini tidak memenuhi ekspektasi.

PS Vita tidak memiliki rekor penjualan atau prestasi lain. Berbeda dengan PlayStation Portable yang jumlah penjualannya melejit di atas ekspektasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gematsu
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X