Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Ponsel Lipat Huawei Mate X Masuk Indonesia?

Kompas.com - 27/02/2019, 07:09 WIB
Yudha Pratomo,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Huawei Mate X baru saja diperkenalkan beberapa hari lalu sebagai ponsel layar lipat (foldable phone) pertama dari sang raksasa China. Tak cuma itu, Mate X juga sudah mendukung jaringan internet seluler 5G.

Lini premium tersebut bakal dijual massal pada pertengahan 2019. Pertanyaannya, apakah Indonesia juga bakal kebagian?

Menanggapi pertanyaan ini, Huawei mengindikasikan Mate X membutuhkan waktu cukup lama untuk dipasarkan di Tanah Air. Masalahnya terletak pada ketersediaan jaringan 5G di Indonesia.

Menurut Vice President of Asia Pacific Huawei Consumer Business Group, Johnson Ma, Mate X akan lebih dulu hadir di negara-negara yang sudah menjalankan jaringan 5G secara komersial. Indonesia diketahui baru akan menggodok regulasi jaringan 5G pada 2020 mendatang.

Baca juga: Huawei Mate X Meluncur, Ponsel Layar Lipat 5G Pesaing Galaxy Fold

"Mate X akan hadir di negara-negara yang jaringan 5G-nya sudah tersedia secara komersial dengan regulasi yang matang," kata Johnson kepada KompasTekno, di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, Barcelona, Spanyol, Selasa (26/2/2019).

"Akan disayangkan jika ponsel ini hanya digunakan untuk 4G," ia melanjutkan.

Huawei Mate X mengusung diagonal layar 8 inci ketika dibentangkan. Sementara ketika dilipat, layarnya menyusut menjadi 6,6 inci. Tampilannya elegan dengan bingkai tipis (bezel-less) di keempat sisi.

Ada tiga kamera tersemat pada ponsel ini, sayangnya belum disebutkan spesifikasi detailnya.

Untuk dapur pacu, Mate X mengandalkan Kirin 980 yang disandingkan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan 512 GB. Ponsel ini dibanderol 2.299 Euro atau sekitar Rp 36 Juta.

Baca juga: Galaxy Fold Resmi Meluncur, Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com