Qualcomm Umumkan Chip Snapdragon 730 dan Snapdragon 665

Kompas.com - 10/04/2019, 08:33 WIB
IlustrasiQualcomm Ilustrasi

KOMPAS.com - Qualcomm baru saja mengumumkan dua chip teranyarnya yakni Snapdragon 730 dan Snapdragon 665 kepada publik. Kedua system-on-chip (SoC) ini diperuntukkan ponsel pintar kelas menengah hingga atas.

Snapdragon 730 diklaim memiliki banyak pengembangan dari pendahulunya, yakni Snapdragon 712 dan Snapdragon 710. Chip ini merupakan chipset octa-core yang dibuat dengan fabrikasi 8 nm.

Sementara Snapdragon 665 yang dibuat dengan fabrikasi 11 nm, menjadi penerus chip Snapdragon 636 dengan beberapa peningkatan.

Kedua chip baru Qualcomm ini diharapkan bakal membuat kinerja kamera, AI, dan game lebih meningkat di ponsel-ponsel murah.

Snapdragon 730

SoC Snapdragon 730 menggunakan CPU Kryo 470 yang mampu bekerja hingga kecepatan clock 2.2 GHz. CPU ini dipadankan dengan GPU Adreno 618 yang diklaim membawa peningkatan untuk sektor grafis.

Melalui halaman resminya, Qualcomm mengatakan bahwa konfigurasi ini dapat memberi kinerja 35 persen lebih cepat dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya.

Selain itu, Snapdragon 730 juga diklaim lebih hemat daya dan dapat mengolah fitur kecerdasan buatan (AI) dengan lebih optimal.

Untuk konektivitas, Qualcomm membenamkan modem Snapdragon X15 LTE pada SoC Snapdragon 730 yang dapat menghadirkan kecepatan download hingga 800 Mbps. Snapdragon 730 juga telah mendukung versi Wi-Fi 6 dan pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 4+.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X